Bunuh Kekasih Sesama Jenis Secara Sadis, Agung Dituntut Seumur Hidup

Agung Sumarna Sarumaha (23 tahun) dituntut JPU seumur hidup saat sidang daring.
Agung Sumarna Sarumaha (23 tahun) dituntut JPU seumur hidup saat sidang daring.
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA – Terdakwa kasus pembunuhan, Agung Sumarna Sarumaha (23 tahun) dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pidana seumur hidup. Ia dinilai terbukti secara sah menyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap kekasihnya sesama jenis bernama Mangihut Parulian Sinambela (33 tahun) secara sadis.

"Meminta kepada majelis hakim mengadili dan memeriksa perkara ini. Untuk menjatuhkan hukum kepada terdakwa Sumarna Sarumaha dengan pidana seumur hidup," ucap JPU, Risnawati Ginting dalam persidangan secara daring di ruang Cakra VII Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa 12 April 2022.

Dalam amar tuntutan JPU, menyebutkan terdakwa menghilangkan nyawa korban dengan terencana. Pertimbangan dalam kasus ini, Agung bersikap sopan dan mengakui perbuatannya serta mengaku menyesal.

Baca juga: Dubes Rusia Ungkap 1.500 Tentaranya Tewas, Korban Ukraina Lebih Kecil

"Perbuatan terdakwa terbukti secara sah melanggar Pasal 340 KUHPidana (Tentang Pembunuhan Dengan Berencana)," sebut Risnawati.

Usai mendengarkan tuntutan, Majelis Hakim Diketuai oleh Jarihat Simarmata menunda sidang hingga pekan depan untuk mendengarkan nota pembelaan atau pledoi yang akan disampaikan terdakwa, sebelum dijatuhkan hukum atau vonis.

Mengutip dakwaan JPU Risnawati Ginting, peristiwa berawal pada 8 Oktober 2021 di Hotel Mutiara Hawai sekira pukul 16.30 WIB. Terdakwa Agung Sumarna Sarumaha bertemu dengan Benny Mangihut Parulian Sinambela (korban) di dekat Diskotik Sky Garden.