Pengakuan Anak Korban Penculikan Eks Napi Teroris

Penculik anak lintas Jakarta-Bogor ditangkap polisi
Sumber :
  • VIVA / Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Kasatreskrim Polres Bogor, AKP Siswo DC Tarigan mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan sementara, ARA atau Abi Rizal Afif (28) eks narapidana terorisme yang melakukan tersangka penculikan terhadap 12 anak di Bogor dan Jakarta melakukan perbuatan pidana lain. Hal itu setelah polisi mendapatkan 4 unit motor dan pengakuan menjual handphone korban.

Inspirasi Membantu Sesama

Siswo mengatakan, berdasarkan pengakuan dari anak-anak korban penculikan awalnya didatangi pelaku. Pelaku menegur karena mereka melanggar prokes tidak memakai masker. Kemudian pelaku mengaku sebagai anggota kepolisian selanjutnya pelaku mengajak untuk mengikuti pelaku. 

"Kemudian dari beberapa anak itu ada yang pelaku tinggal (pergi tidak dibawa). Tetapi ada yang dibawa keliling. Terbukti dengan perkara yang ditangani Polres Bogor. Anak itu hilang hari Minggu (8 Mei 2022) kemudian ditemukan hari selasa (10 Mei 2022)," jelasnya, Jumat, 13 Mei 2022.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Namun polisi masih mendalami perbuatan yang dialami oleh korban. Makanya petugas butuh bantuan dari orang tua para korban untuk bisa menanyakan secara intens kepada anak-anaknya. 

Pelaku ARA merupakan warga Depok dan bekerja sebagai buruh harian lepas. Sementara.  dari tersangka belum kami gali untuk motifnya.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Saat diamankan, korban berada di Kecamatan Kebayoran Lama di Senayan Jakarta Selatan. Polisi mengamankan empat unit kendaraan yang diduga tiga kendaraan digunakan anak-anak tersebut.

Pada saat ditangkap, pelaku melakukan perlawanan dengan menabrak petugas. Dengan terpaksa, aparat pun melakukan tindakan terukur dengan menembakan kaki pelaku.

"Dari keterangan korban maupun pengakuan tersangka. Jadi ketika pelaku itu mengamankan anak-anak ini. Handphone dari anak-anak ini diambil kemudian dijual. Kemudian yang 1 motor yang digunakan oleh pelaku dalam beraksi di beberapa TKP. Dengan kendaraan yang sama," jelasnya. 

Siswo mengatakan, ada 12 TKP penculikan yang ada di wilayah Bogor dan Jakarta. Penangkapan ini setelah polisi mendalami kasus penculikan di Bogor.

"Di Bogor di wilayah Polres Bogor yang baru diketahui Desa Jampang Kecamatan kemang. Baru satu," jelas Siswo.

Baca juga: Menguak Motif Eks Napi Teroris Culik 12 Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya