Diduga Lakukan Sodomi, Dosen Dilaporkan Mahasiswa ke Polisi

Ilustrasi kekerasan dan pelecehan seksual.
Sumber :
  • Pexels/RODNAE Productions

VIVA - Seorang mahasiswa Institusi Agama Kristen Negeri Tarutung (IAKN) berinsial KS, 21 tahun, diduga menjadi korban sodomi dilakukan dosennya berinsial NTL (33). Korban pun melaporkan dosen tersebut ke Mako Polres Tapanuli Utara.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

ilustrasi pelecehan seksual.

Photo :

Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Laporan mahasiswa IAKN atas dugaan kasus sodomi itu dibenarkan oleh Kasi Humas Polres Taput Aiptu Walpon Baringbing, Selasa malam, 31 Mei 2022. Ia mengatakan korban membuat laporan ke Mako Polres Taput, pada Rabu 25 Mei 2022.

"Bahwa laporan KS sudah kita terima. Saat ini masih proses penyelidikan kita," kata Walpon.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Baca juga: Lecehkan Mahasiswi, Dosen Unsri Divonis 8 Tahun Penjara

Korban Berasal dari Luar Kabupaten Taput

Walpon menjelaskan bahwa korban mahasiswa atau warga dari luar Kabupaten Taput sehingga selama berkuliah di IAKN, ia kos di rumah NTL di Silangkitang, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Taput, Sumatera Utara.

Walpon mengungkapkan kronologi peristiwa dugaan sodomi tersebut. Tindakan asusila dialami korban terjadi di rumah korban, pada Rabu, 28 April 2022, lalu.

"Pada saat kejadian, pelaku mengajak korban dengan mengatakan ‘Malam ini kita tidur sama ya. Karena aku satu minggu ini pulang ke Tebing Tinggi. Hanya malam inilah terakhir kita tidur sama’," kata Walpon menirukan ucapan NTL kepada korban.

Pelaku Merayu Korban

Namun, Walpon mengatakan bahwa ajakan pelaku awalnya ditolak oleh korban. Namun, pelaku selalu membujuk dan merayu. Sehingga tindakan asusila tersebut terjadi kepada KS.

"Merasa berutang budi sama dosennya, karena dosennyalah yang memperjuangkan korban di kampus supaya mendapat beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) dengan terpaksa korban menurutinya," kata Walpon.

Ceritakan kepada Teman

Pada malam kejadian itu, NTL langsung memeluk dan melakukan asusila tersebut kepada mahasiswanya.

"Setelah korban merasa tidak enak atas perlakuan pelaku, lalu menceritakan hal tersebut kepada temannya," kata Walpon.

Kemudian, korban menerima saran dan masukan dari temannya untuk melaporkan peristiwa tersebut dialami KS ke Polres Taput.

"Kita sudah memeriksa korban saat membuat laporan, dan selanjutnya Jumat, 3 Juni 2022 nanti. Tiga orang lagi saksi akan kita periksa untuk memberikan keterangan sebagai langkah awal penyelidikan kita," kata Walpon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya