Perampok Bersenjata Gasak Rp4,1 Juta Dari Minimarket di Mabes Hankam

Ilustrasi rekamanan CCTV perampokan minimarket
Sumber :
  • VIVAnews/DA Pitaloka

VIVA – Kawanan perampok yang menggunakan senjata api atau senpi, kembali beraksi. Kali ini mereka merampok minimarket yang ada di kawasan Jakarta Timur. Mereka membawa kabur uang tunai jutaan rupiah yang dirampas dari laci kasir minimarket yang terletak di Jalan Raya Mabes Hankam, Cipayung, Jakarta Timur.

Tukang Parkir yang Minta Uang THR Rp15 Ribu di Minimarket Karawang Minta Maaf

Korban yang juga merupakan karyawan minimarket, Akram, menjelaskan kasus perampokan yang terjadi di tempat kerjanya pada Selasa 7 Juni 2022 sekitar pukul 12.00 WIB siang. 

Awalnya kedua pelaku datang ke minimarket tersebut untuk membeli air mineral. Salah satu pelaku masuk terlebih dahulu, kemudian mendatangi meja kasir untuk melakukan pembayaran.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

"Pas dia sudah bayar ke sini (meja kasir), baru satu pelaku lainnya yang di luar masuk, ikut juga beli air. Terus dia ke kasir, dia bayar tapi enggak langsung pergi, kayak nunggu gitu," ujar Akram dikonfirmasi awak media, Senin 13 Juni 2022. 

Kedua pelaku saat itu terlihat menunggu situasi sepi di dalam minimarket. Kemudian tidak lama, setelah situasi dianggap aman untuk melancarkan aksi perampokannya, seorang pelaku menodongkan pistol ke arah Akram yang saat itu sedang bertugas sebagai penjaga kasir.

Viral Tukang Parkir Liar Minimarket Getok Tarif Rp 15 Ribu buat THR

Akram mengaku dirinya tidak sendirian. Ada karyawan lain di dalam toko. Maka satu pelaku lainnya terlihat menyudutkan pegawai lain dan diduga sempat menyiram bensin.

"Pas lihat keadaan sekitar sudah kosong, dia ngeluarin senjata begitu saja langsung di depan mata saya. Mungkin kepala toko saya disiram (bensin) pas dia masuk ke sini (meja kasir)," ujarnya. 

Pelaku yang bersenjata kemudian datang ke meja kasir sambil menodongkan pistolnya. Akram mengaku dia tidak bisa berbuat apa-apa karena dibawah tekanan senjata api itu. Dia hanya terdiam saat pelaku menggasak uang Rp4,1 juta dari mesin kasir. 

"Ada yang nodong saya pakai pistol, terus yang satu pelaku dia pakai atribut ojek online ke meja kasir, diobrak-abrik diacak-acak sama dia, duitnya diambil," ujarnya. 

Diketahui kasus perampokan minimarket di wilayah Jakarta Timur juga terjadi beberapa hari sebelumya, di Jalan Otista Raya, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur pada Jumat 3 Juni 2022 siang. 

Modus pelaku juga sama, dengan menodongkan senjata api dan menyiramkan bensin ke karyawan minimarket dengan ancaman akan membakar. Diduga kuat pelaku yang beraksi di dua mini market yang berbeda lokasi, adalah pelaku yang sama. 

Dalam kejadian tanggal 3 Juni 2022 itu, diketahui satu pelaku berada di kasir untuk membeli rokok. Sedangkan satu pelaku lainnya mendesak korban yang berada di rak minimarket tempat makanan ringan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Ahsanul Muqaffi mengatakan, kedua kasus perampokan bersejata api tersebut masih dalam penyelidikan pihak Polres Jakarta Timur.

"Kita lagi fokus ungkap pelakunya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya