Remaja Baru Lulus SMP Buang Bayi di Tempat Sampah

ilustrasi penemuan mayat bayi
ilustrasi penemuan mayat bayi
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan.

VIVA - Seorang remaja putri yang baru lulus SMP di Kota Palu, Sulawesi Tengah, membuat heboh masyarakat. Sebabnya, remaja inisial CL itu tega membuang bayinya di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Ilustrasi penemuan bayi.

Ilustrasi penemuan bayi.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Melahirkan di Toilet

Kasi Humas Polresta Palu Iptu Setiarjo membenarkan kasus tersebut. Menurut dia, bayi dari remaja 16 tahun itu diduga dilahirkan di toilet dan masih hidup saat dibawa keluar.

"Benar, yang bersangkutan (CL) ini melahirkan di kamar mandi. Kemudian saat keluar saksi melihat bayi itu masih sempat nangis," kata Setiarjo saat dimintai konfirmasi, Senin, 20 Juni 2022.

Baca juga: Petugas Kebersihan Bandara Batam Temukan Janin Bayi Tidak Bernyawa

Ditemukan Warga

Setiarjo menjelaskan bahwa bayi dari CL ini awalnya pertama kali ditemukan warga di TPA di Kelurahan Kabonena, Kecamatan Ulu, sekitar pukul 16.00 Wita, Minggu 20 Juni 2022. Warga yang menemukan mengaku melihat bayi itu tergeletak di TPA.

"Jadi warga yang pertama kali temukan ini kemudian menyampaikan peristiwa ini ke temannya. Dari situ mereka kemudian melapor ke polisi," katanya.

Kepolisian yang menerima laporan itu segera melakukan penyelidikan. Hasilnya, pemilik bayi itu ternyata seorang remaja inisial CL yang baru tamat dari SMP.

"Setelah dilakukan penyelidikan didapatkan bahwa CL ini dengan sengaja membuang bayinya di TPA itu," katanya.

Pelaku Ditangkap

Setiarjo menyebutkan bahwa CL telah ditangkap dan mengaku jika bayinya yang baru dilahirkan terus menangis, sehingga segera memasukkannya ke dalam ember dan membuangnya ke TPA di Kelurahan Kabonena, Kecamatan Ulujadi.

"Jadi sebelum dia buang, pelaku ini mengisi bayi itu di dalam ember dan akhirnya dibuang ke pembuangan sampah dekat huntap," tuturnya.

Selain itu, kata Setiarjo, CL juga mengaku sengaja menyembunyikan kehamilan itu dari keluarganya. Apalagi, CL saat hamil hanya tinggal bersama tantenya dan tidak begitu ketahuan karena ukuran perutnya tidak terlalu besar saat hamil.

"Jadi saat hamil dia tutupi itu. Apalagi pelaku ini tinggal bersama tantenya, karena ayah dan ibunya itu di luar kota. Tantenya juga selama ini sama sekali tidak curiga kalau dia itu hamil karena perutnya tidak besar dan pelaku ini juga baru lulus SMP," katanya.

CL juga mengakui jika bayi yang dikandungnya itu merupakan hasil hubungan gelap dengan kekasihnya. Sementara, keberadaan kekasih CL itu kini diselidiki polisi.

"Sementara didalami kasus soal pengakuannga itu," kata Setiarjo.

Hingga kini, remaja CL kini sudah diamankan ke Polresta Palu guna menjalani pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut.

"Sementara remaja putri ini kita amankan di Polresta Palu," kata Iptu Setiarjo.