Demi Bayar SPP, Siswi SMK di Bali Curi Uang Amal di Pura

Rekaman CCTV siswi di Bali curi uang amal di pura
Rekaman CCTV siswi di Bali curi uang amal di pura
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA – Viral sebuah tangkapan CCTV yang menunjukan ciri-ciri diduga pelaku pencuri uang dana punia (kotak amal) di Pura Dalem Desa Adat Talepud, Tegallalang, Gianyar Bali. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi mendapati bahwa kasus pencurian tersebut dilakukan oleh seorang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Gianyar.

"Unit opsnal mendapat informasi bahwa yang melakukan pencurian sesari (dana amal) tersebut NKESP yang merupakan siswi kelas 11 SMKN 1 Tegallalang," kata Kapolsek Tegallalang AKP I Ketur Sudita, Kamis, 23 Juni 2022.

Setelah dilakukan ingerogasi terhadap remaja putri tersebut, tim kepolisian mendapati bahwa uang hasil pencurian digunakan pelaku untuk membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Kasus ini berawal pada tanggal 20 Juni 2022 lalu, di mana saksi bernama I Wayan Wirawan (33) sekitar pukul 13.30 WITA melihat serpihan kaca dari kotak dana punia berhamburan dan uang di dalamnya raib.

Saksi kemudian bergegas menghubungi Kelihat Adat Desa Pujung Kaja untuk melaporkan. Para prajuru selanjutnya tiba dan bersama-sama memeriksa CCTV di areal Pura Dalem.

Terlihat dalam rekaman CCTV seorang perempuan tak dikenal dengan usia kisaran 15 tahun sekitar pukul 12.25 WITA di pura tersebut.

Karena remaja tersebut menggunakan pakaian sekolah, dengan mudah polisi mengidentifikasi lembaga pendidikan tersebut.

Akhirnya Polsek Tegallalang mendapat informasi bahwa di hari kejadian sempat dilakukan kegiatan pramuka sehingga siswa yang hadir menggunakan pakaian tersebut.

Berkat mengecilnya kemungkinan, polisi akhirnya mendapatkan identitas NKESP. Saat diinterogasi, siswi tersebut mengakui tindakannya.

Kepada polisi, pelaku mengaku mengambil dengan cara memecahkan kotak kaca dana punia kemudian mengambil uang sebanyak Rp170 ribu dengan rincian masing-masing satu lembar Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, dua lembar Rp5 ribu dan sisanya Rp2 ribu.

Setelah melakukan aksi pencurian pelaku segera kembali ke sekolah dan menggunakan uang tersebut untuk membayar uang sekolah atau SPP.

Menurut Kapolsek Tegallalang saat ini pelaku tak ditahan di kepolisian lantaran diupayakan permasalahan selesai dengan musyarawah.

Baca juga: Viral Motor Hilang Dalam 10 Detik Saat Ditinggal Pemilik ke Toilet