Rumah di Cengkareng Dibobol Maling, Korban Rugi Rp400 Juta

Ilustrasi maling
Sumber :
  • Sunshine Coast Daily

VIVA – Sebuah rumah di Jalan Mawar F 15, Kelurahan Durikosambi, Jalan Mawar F 15, Kelurahan Durikosambi, Kecamatan Cengkareng, dibobol maling pada Jumat siang 1 Juli 2022. Rumah tersebut diketahui ditinggal penghuninya untuk mengurus surat imgrasi.

Ban Mobil Daihatsu Sigra Digasak Maling, Pengelola ITC Cempaka Mas Tanggung Jawab

Aksi kawanan pencuri rumah kosong yang berjumlah dua orang itu sempat terekam CCTV pemilik rumah. Sebelum beraksi, nampak dalam rekaman CCTV kedua orang yang menggunakan sepeda motor melihat-lihat situasi yang ada di sekitar rumah, melihat kondisi rumah sepi para kawanan pencuri melakukan aksinya.

Dalam video yang diunggah di instagram @jakartabarat24jam itu, para pelaku berusaha merusak gembok rumah korban, tak butuh waktu lama kedua pelaku berhasil membobol gembok pagar rumah korban, dan masuk ke dalam halaman rumah.

Ban Mobil Dicuri saat Parkir di Mal Jakpus, Polisi Kejar Pelaku

Adapun menurut keterangan korban yang bernama Desi, dirinya beserta suami kedapatan melihat pagar rumah yang sudah terbuka. Saat itu dia dan suami baru saja pulang dari mengurus surat imigrasi.

"Setelah melihat pagar rumah terbuka, saya melihat ke dalam rumah pintu rumah sudah dalam keadaan rusak, saya pun bersama suami masuk ke dalam rumah dan di dalam kamar barang-barang sudah keadaan berantakan. Sejumlah handphone, emas dan barang berharga lainnya sudah hilang dicuri," kata Desi dalam keterangannya, Sabtu 2 Juli 2022.

Cemburu gegara Pacar Kerap Diajak Jalan, Pemuda di Kendari Ajak Teman Nekat Bakar Rumah Korban

Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo membenarkan pembobolan rumah tersebut. Jajarannya dari Unit Reskrim Polsek Cengkareng yang mendapatkan laporan dari korban, langsung melakukan olah TKP di rumah korban.

"Peristiwa pencurian rumah kosong itu langsung di cek, dari hasil olah TKP dan bukti CCTV polisi sudah mengantongi identitas kedua pelaku," ujar Ardhie.

Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan, Desi selaku pemilik rumah mengaku mengalami kerugian mencapai Rp400 juta. 

"Desi mengaku, kerugian akibat pencurian rumah kosong itu ditaksir mencapai Rp400 juta dan ia melaporkan kejadian ini ke Polsek Cengkareng," kata Ardhie.

Lalu, Ardhie menjelaskan sedikit kronologi pembobolan rumah tersebut. Ketika itu pemilik rumah sedang bekerja dan pelaku memanfaatkan situasi sepi sekitar lingkungan.

Terekam oleh CCTV pemilik rumah, dua orang pelaku memastikan sekitar lingkungan dalam keadaan sepi. Saat itu mereka dengan cepat merusak gembok di pagar rumah tersebut. 

"Mereka itu cepat ya merusak gembok rumah korban terus masuk sampai keluar lagi," ujar Ardhie. 

Kemudian, kata Ardhie, rekaman CCTV dibawa ke Mapolsek untuk dianalisa guna menangkap kawasan pencuri rumah kosong yang sudah meresahkan warga Cengkareng.

"Kami masih menyelidiki kasus ini, mudah-mudahan pelakunya ditangkap," tuturnya. 

Baca juga: Viral Suami Istri di Bali Maling Penutup Got Demi Obat Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya