Viral Aksi Ibu-ibu Ajak Anak Mencuri Dalam Masjid

Tangkapan layar kamera CCTV di Masjid Jendral Ahmad Yani Kota Malang.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Kriminal – Viral potongan video kamera pengawas atau CCTV di Masjid Jenderal Ahmad Yani, Jalan Kahuripan, Kota Malang. Dalam video itu terlihat seorang yang diduga ibu-ibu mengajak anaknya untuk mencuri tas milik jamaah yang sedang salat zuhur di masjid.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Ketua Takmir Masjid Jenderal Ahmad Yani, Mukhtar Kamaluddin mengatakan kejadian itu terjadi pada Senin, 1 Agustus 2022 setelah salat zuhur jamaah selesai. Dia mengetahui aksi pencurian itu setelah videonya viral di media sosial. Dia langsung mengonfirmasi pada pengurus masjid lainnya. Ternyata informasi itu benar.

"Tahunya baru hari ini (Selasa) setelah saya shalat subuh buka WA, kok ramai di medsos juga, dapat informasi saya dari satpam kalau ada pencurian," kata Mukhtar pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

Ilustrasi pencurian.

Photo :
  • U-Report

Mukhtar menuturkan, bahwa berdasarkan rekaman kamera CCTV. Posisi korban berada di shaf laki-laki bagian belakang. Shaf itu berada di depan shaf perempuan yang disekat dengan tirai.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Sedangkan posisi pelaku berada di shaf area jemaah wanita. Dengan cepat wanita itu mengambil tas korban melalui sela-sela tirai pemisah shaf laki-laki dan wanita. Setelah itu dia terlihat berjalan keluar area masjid.

"Pakai pakaian muslim dan bermasker. Yang punya tas (korban) taruh tas di belakang. Salatnya posisi di shaf laki-laki paling belakang berbatasan dengan tirai di shaf perempuan," ujar Mukhtar.

Pernah terjadi

Mukhtar mengaku kejadian serupa pernah terjadi pada bulan Ramadan kemarin. Saat itu pelaku pencurian juga beraksi dengan menggunakan hijab dan bermasker. Mereka pun menduga pelaku pencurian di Masjid Ahmad Yani saat ini sama dengan yang dulu.

Untuk kasus saat ini. Korban langsung melaporkan aksi pencurian kepada polisi. Atas kejadian ini, Takmir Masjid mengimbau kepada jamaah yang ada untuk menaruh barang-barang bawaan di posisi depan saat shalat. Imbauan ini juga tertulis di beberapa area masjid.

Ilustrasi itikaf di masjid.

Photo :
  • U-Report

"Mungkin pelakunya sama, pada saat itu pakai pakaian wanita. Tapi kan tidak tahu, itu betul-betul wanita atau bukan. Waktu itu ngincarnya barang milik jamaah yang posisinya sama di belakang. Tapi tasnya paginya dikembalikan ditaruh di masjid sini, tapi ya uang hilang, hanya surat-surat, dompet dikembalikan," tutur Mukhtar.

Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Bayu Febrianto mengatakan pihaknya akan mengecek terlebih dahulu terkait adanya laporan kejadian tersebut.

"Saya cek dulu ya mas untuk laporannya," kata Bayu saat dihubungi via pesan WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya