Warga Aceh Ditangkap Usai Timbun BBM Subsidi 1 Ton

Penimbunan BBM Bersubsidi di Aceh (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA Kriminal – Personel Satreskrim Polres Bireuen, menangkap seorang warga berinisial NB (27) yang kedapatan mengangkut satu ton BBM subsidi untuk ditimbun. Ia ditangkap di Desa Jangka Masjid, Kecamatan Jangka, Bireuen Aceh pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Kapolres Bireuen, AKBP Mike Hardy Wirapraja, mengatakan penangkapan itu berdasarkan informasi masyarakat yang menduga adanya praktik penimbunan minyak subsidi dalam jumlah besar.

Setelah diselidiki, ternyata NB telah mengangkut 1.080 liter BBM subsidi dan akan diecer ke konsumen. 
"NB ini membeli minyak subsidi dalam jumlah besar yang kemudian dijual eceran kepada konsumen," kata Mike Hardy.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Dalam menjalankan aksinya, pelaku menggunakan becak motor yang di dalamnya ada jerigen untuk mengisi BBM subsidi. Hal itu dilakukan berulang kali.

"Pelaku beserta barang bukti yang disita berupa satu unit becak motor, jerigen berisi solar, lima drum berisi solar, dan uang tunai Rp 5 juta diamankan ke Polres Bireuen untuk diproses hukum," ucap Mike.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Atas aksinya pelaku bakal dijerat dengan Pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024