3 Sekawan Pembobol 11 Minimarket Diringkus Polisi

Kapolres Jakarta Timur Kombespol Budi Sartono
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA Kriminal – Aparat Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur berhasil meringkus tiga orang pelaku yang melakukan tindakan pembobolan minimarket di sejumlah wilayah di Ibu Kota. Mereka merupakan tiga sekawan yang sudah lama diburu oleh aparat kepolisian karena aksinya.

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

Diketahui selama melakoni aksinya itu, tidak kurang dari 11 minimarket yang ada di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dibobol oleh kawanan perampok ini. Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombespol Budi Sartono mengatakan, tiga pencuri spesialis minimarket berinisial S (38), KM (47), dan M (47) ditangkap saat beraksi di salah satu minimarket di Jalan Pangkalan I, Cinere, Jakarta Selatan, Minggu 4 September 2022 dini hari.

"Setelah kami membuntuti, kami menangkap tangan pada saat pelaku beraksi," ujar Budi saat rilis kasus di Mapolres Metro Jakarta Timur Jumat 9 September 2022.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Kondisi ATM di salah satu minimarket di Kota Bekasi yang dibobol maling.

Photo :
  • Antara

Budi menambahkan, setelah pihaknya menginterogasi para pelaku, ketiganya mengaku telah membobol 11 minimarket. Lima di antaranya berada di wilayah Jakarta Timur dan enam di wilayah Jakarta Selatan.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Adapun S bertindak sebagai kapten, KM bertindak sebagai pengawas situasi sekitar, dan M sebagai pengawas sekitar serta penyuplai alat. Mereka biasa masuk minimarket dari bagian atap bangunan.

"Ini pencurian minimarket dalam keadaan kosong. Jadi mereka tunggu di luar, masuk ke atap, masuk ke dalam, bobol brankas, rokok, dan barang berharga lainnya," ujarnya.

Para pelaku ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, lima minimarket di Jakarta Timur dibobol dalam waktu yang berdekatan. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi mengatakan pembobolan tersebut dilakukan oleh pelaku yang sama.

"Pelaku diduga sama, karena polanya sama," ujar Muqaffi, saat dikonfirmasi.

Minimarket yang jadi korban rampok (Ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

Adapun pembobolan terjadi di salah satu minimarket di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Bali Mester, Jatinegara, pada Rabu 3 Agustus 2022 lalu. Para pelaku merusak brankas, mengambil uang tunai sebanyak Rp 14 juta, dan rokok dengan nilai Rp 8,46 juta.

Pembobolan kembali terjadi di minimarket di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, pada Selasa 16 Agustus 2022. "Pelaku berhasil mengambil barang berupa rokok dengan kerugian Rp 6 juta," ujarnya.

Pembobolan terjadi lagi di beberapa minimarket yakni di Jalan Otista Raya III, Jatinegara (20 Agustus 2022), Jalan Bekasi Timur, Pulogadung (27 Agustus 2022), dan Jalan Utan Kayu, Matraman 29 Agustus 2022. Disebutkan bahwa kerugian akibat pembobolan lima minimarket mencapai puluhan juta rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya