Alasan 4 Remaja Perkosa ABG di Hutan Kota Jakarta Utara

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA Kriminal – Pemerkosaan terhadap ABG berusia 13 tahun di Hutan Kota, Jakarta Utara, terjadi karena korban menolak penyataan cinta salah seorang pelaku.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Korban pertama kali bertemu dengan empat orang pelaku pada Jumat 1 September 2022. Korban pulang sekolah lalu bertemu keempatnya di hutan kota. Salah satu dari mereka lantas menyatakan perasaannya.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo.

Photo :
  • ANTARA FOTO
Satu dari Lima Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok Dibebaskan

"Memang begitu korban ini sedang pulang sekolah ketemu empat orang ini kemudian salah satu ABH (anak berhadapan hukum) ini memeluk si korban dan kemudian menanyakan apakah korban mau jadi pacarnya. Kemudian dijawab korban tidak mau," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Wibowo kepada wartawan, Minggu 18 September 2022.

Besoknya, korban kembali bertemu dengan mereka di lokasi yang sama. Saat itulah lantas pelaku melampiaskan nafsu birahinya. Setelahnya, korban melapor ke Polres Metro Jakarta Utara, Selasa 6 September 2022. Keempatnya lantas dicokok hari itu juga.

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Ilustrasi korban perkosaan.

Photo :
  • U-Report

"Besoknya ketemu lagi dengan korban dan para ABH empat orang ini. Dan terjadinya kasus pencabulan tadi," katanya.

Dirinya menambahkan, para pelaku ternyata masih berusia di bawah umur. Rata-rata berumur 12 sampai 14 tahun. Wibowo menyebut pemahanan  tidak bisa dilakukan kepada para pelaku. Hal ini merujuk Undang-Undang Perlindungan Anak. Meski begitu, pelaku tengah dititipkan ke Shelter ABH (Anak Berhadapan Hukum) Cipayung.

"Setelah ada laporan langsung kita amankan empat orang ini semuanya. Diamankan hari itu juga kita amankan dan emang masih anak-anak semuanya. Satu orang pelaku di bawah 12 tahun dan yang tiga (pelaku) lainnya rentang usia 13 sampai 14 tahun," katanya lagi.

Ilustrasi pelecehan seksual.

Photo :
  • Unsplash

Sebelumnya, remaja berusia 13 tahun mendatangi pengacara Hotman Paris dan mengadukan aksi pemerkosaan yang dialaminya. Remaja tersebut diperkosa oleh empat orang pria di hutan kota di wilayah Jakarta Utara.

Pertemuan remaja 13 tahun itu diunggah langsung oleh Hotman Paris melalui akun instagram pribadinya. Dalam video yang diunggah, terlihat Hotman memegang tangan remaja yang menjadi korban pemerkosaan tersebut.

"Bapak Kapolres Jakarta Utara, saya memegang tangan anak berusia 13 tahun. Seorang gadis kecil yang diperkosa di Hutan Kota, Diperkosa di Hutan Kota Jakarta Utara," kata Hotman dalam video yang diunggah di akun instagram @hotmanparisofficial, Sabtu, 17 September 2022.

Hotman Paris

Photo :
  • IG @hotmanparisofficial

Dalam video itu, Hotman menjelaskan, korban yang juga merupakan anak yatim piatu itu diperkosa oleh empat orang pria. Kasus pemerkosaan ini sebetulnya sudah dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara sejak 6 September 2022 lalu.

Lebih lanjut, Hotman kemudian mengajak rekannya yang lain yakni Aris Merdeka Sirait selaku Ketua Komnas Perlindungan Anak untuk turut serta memantau kasus pemerkosaan anak di bawah umur tersebut. 

Tak hanya itu, Hotman juga meminta Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran untuk memberikan atensi penuh terkait kasus pemerkosaan yang dialami korban berusia 13 tahun ini. Sebab, menurutnya banyak sekali kasus pemerkosaan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

"Bapak Kapolda Metro tolong di atensi kasus ini. Kasus pemerkosaan sudah hampir 10 kasus di bulan ini dan datang ke Hotman. Ada apa di negeri ini? Ada apa hukum di negeri ini?" ungkap Hotman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya