Mahasiswa di Palembang Dianiaya dan Disundut Rokok Senior di Kampus

Ilustrasi penganiayaan.
Ilustrasi penganiayaan.
Sumber :
  • www.pixabay.com/bykst

VIVA Kriminal – Seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang inisial AR (19), dianiaya belasan seniornya hingga disundut api rokok ke bagian wajah. Akibat tindak kekerasan itu, AR harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Tindak kekerasan ini terjadi diduga adanya kesalahpahaman dalam sebuah organisasi saat kegiatan Diksar Bumi Perkemahan Pramuka Gandus, Kecamatan Gandus Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Dampak penganiayaan ini mengakibatkan korban warga Jalan Meritai, Kabupaten Banyuasin, mengalami luka lebam di bagian mata, bibir bengkak, dan kedua tangan biru akibat dipukul sesama panitia yang merupakan seniornya. Tak hanya itu, para senior ini juga dengan sadisnya menyundutkan api rokok ke wajah korban.

Kapolsek Gandus Palembang, AKP Wanda Dhira Bernard, membenarkan adanya kejadian tersebut. "Benar adanya kejadian itu, dan telah dilakukan upaya mediasi perdamaian dengan didampingi orangtua dan kakak korban ZL (21) serta panitia," jelasnya, Senin, 3 Oktober 2022.

Dirinya menuturkan, peristiwa ini terjadi akibat adanya kesalahpahaman internal dalam organisasi. Sehingga terjadilah aksi penganiayaan yang mengakibatkan korban mengalami luka lebam.

"Jadi sudah ada surat pernyataan antara kedua belah pihak, yang kita saksikan bersama pihak keluarga hingga panitia setempat," terangnya.

Sementara itu, kakak kandung korban, ZL mengatakan, bahwa adiknya merupakan mahasiswa semester tiga Jurusan Ilmu Perpustakaan melakukan Diksar di Bumi Perkemahan Pramuka.