Polresta Solo Bongkar Sindikat Jasa STNK Palsu

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwak Saktiadi.
Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwak Saktiadi.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq.

VIVA Kriminal - Polresta Solo berhasil membongkar sindikat jasa pembuatan surat tanda nomor kendaraan (STNK) palsu untuk kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Pelaku yang berinisial (CN) telah melakukan aksinya selama dua tahun yang telah mencetak puluhan STNK palsu.

Berasal dari Laporan Masyarakat

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwak Saktiadi, mengungkapkan awal terbongkarnya jasa pemalsuan STNK berasal dari laporan masyarakat yang disampaikan kepada petugas Sattreksrim Polresta Solo. Informasi tersebut menyebutkan bakal terjadi transkasi jual beli kendaraan roda empat yang diduga tidak dilengkapi dengan surat-surat resmi.

Ilustrasi STNK.

Ilustrasi STNK.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

“Mobil tersebut dikamuflasekan seolah-olah ada surat-suratnya, namun demikian dugaannya adalah surat-surat tersebut merupakan surat palsu atau di khalayak umum dikenal dengan sebutan slendang. Artinya dilengkapi STNK yang tidak dikeluarkan secara resmi dari kepolisian,” kata dia di Mapolresta Solo, Rabu, 26 Oktober 2022.

Tawarkan Jasa Pembuatan STNK Palsu Melalui Online

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi berhasil menangkap CN yang memproduksi atau membuat STNK palsu tersebut. Ia menawarkan jasa pembuatan STNK palsu itu melalui online dengan memanfaatkan group Whatsapp yang berisi penjual, makelar maupun pembeli mobil tanpa surat resmi.

Halaman Selanjutnya
img_title