Tipu Driver Ojol, Mahasiswa di Makassar Nyaris Dihajar Massa

Mahasiswa di Makassar ditangkap polisi karena tipu ojol.
Sumber :
  • Dokumen Polsek Manggala, Makassar.

VIVA Kriminal - Seorang mahasiswa inisial ADF di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, ditangkap polisi setelah nyaris dihakimi para pengemudi ojek online.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Ditangkap Polisi

Mahasiswa 26 tahun itu ditangkap polisi karena kerap menipu dengan modus orderan fiktif. Beruntung, ADF cepat tertolong oleh polisi setelah hampir jadi bulan-bulanan para ojol.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Kepala Polsek Manggala Kompol Supriady Idrus mengatakan polisi meringkus ADF di rumahnya di Kompleks Pesona Prima Griya, Kelurahan Bangkala, Kamis, 27 Oktober 2022, malam.

"Jadi berdasar laporan yang diterima kalau pelaku ini kerap melakukan orderan fiktif. Sehingga teman-teman dari ojol mengaku kena tipu. Dia (ADF) nyaris dihakimi beruntung anggota cepat ke TKP," kata Kompol Supriady kepada wartawan, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Ilustrasi dua orang pengemudi ojek online (ojol) berbincang di Jalan.

Photo :
  • vstory

Kerap Buat Orderan Fiktif

Supriady menjelaskan bahwa pelaku ADF sudah kerap membuat orderan fiktif. Dia menggunakan tiga aplikasi ojek online berbeda. Kemudian rata-rata orderannya berkisar antara Rp150 ribu-Rp300 ribu.

Modusnya, pelaku ADF seolah-olah menjual barang lalu ada orang yang memesan. Orang yang pura-pura memesan itu adalah pelaku ADF sendiri dengan menggunakan nomor ponsel lain.

Melalui modus itu, ADF kemudian mengorder ke driver ojek online dengan sistem cash on delivery (COD) dan memberikan alamat palsu. Dengan sistem COD itulah membuat driver ojol pun harus menalangi lebih dahulu.

Ilustrasi pengendara ojek online atau ojol Gojek.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

"Saat driver ojol sudah mengambil barang tersebut dan membayarnya, pelaku lantas langsung memblokir kontak driver ojol tersebut," kata Edhy sapaan akrab Kompol Supriady.

Belasan Driver Ojol Lapor Polisi

Dari perbuatan ADF itu, kata Edhy, belasan driver ojol akhirnya melapor ke Polsek Manggala. Kendati begitu, Edhy juga meminta para driver yang kena tipu pelaku agar segera membuat laporan.

"Kami juga minta apabila ada driver ojek online yang pernah merasa tertipu, silakan datang melaporkan di Polsek Manggala," katanya.

Saat ini, mahasiswa perguruan tinggi swasta di Makassar itu pun telah ditahan di Polsek Manggala guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya