Pulang dari RS, Urip dan Istri Diburu Polisi soal Skenario Mayat Hidup Lagi

Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Yohanes Redhoi Sigiro
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR

VIVA Kriminal - Nama Wen Shi alias Urip Saputra (US) yang merupakan rohaniawan Khonghucu bikin geger publik karena dugaan skenario sudah meninggal tapi bisa hidup lagi. Urip dan istrinya inisial Y, akan diperiksa polisi lantaran sudah pulang dari perawatan di rumah sakit. 

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Dari informasi, Urip dan istri sudah pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Rabu sore 16 Novemver 2022. Namun, menurut para tetangga, pasangan suami istri itu belum terlihat di rumahnya.

"Dari Rabu. Pastinya kami cari," kata Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Yohanes Redhoi Sigiro, Jumat 18 November 2022.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Redhoi menjelaskan dalam kasus ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Hal ini untuk menentukan kelakuan Urip masuk kategori tindak pidana atau bukan.

"Untuk menentukan peristiwa atau perbuatan ini pidana atau tidak. Itu yang sadang kami dalami sekarang. Pasti akan kami panggil dimintai keterangan," lanjut Redhoi.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Jenazah hidup lagi setelah masuk di peti mati.

Photo :
  • istimewa

Baca Juga: Fakta Baru Dugaan Skenario Urip Hidup Lagi, Beli Peti Mati Kosong

Dia menyampaikan, terkait dugaan skenario Urip hidup lagi, polisi sudah memeriksa beberapa saksi. Keterangan saksi itu antara lain sopir ambulans, dua orang pihak hotel di mana Urip dan istrinya berangkat di Jakarta Selatan. Kemudian, saksi saat US sudah dalam peti mati.

"Dari tiga orang saksi warga setempat saat itu menyambut (ambulans berisi Urip dan istrinya) menurunkan peti serta menyaksikan membuka peti, sehingga ada sekitar 10 orang kita periksa," jelasnya.

Redhoi mengatakan, dari hasil sementara polisi memperoleh fakta bahwa Urip dan istri beli peti mati kosong. Pun, polisi menegaskan tak ada perjalanan dari Semarang.

Menurutnya, dari keterangan sopir ambulans, Urip begitu saja menghilang di dalam mobil ambulans. Namun, saat sampai rumah, plastik peti sudah terbuka dan Urip ternyata berada dalam peti. Lalu, dari cerita istri Urip ke sopir ambulans kalau yang bersangkutan terlilit hutang.

"Sesampainya di rumah, dibukalah peti ini. Di situ lah baru sadar si sopir ini bahwa peti sudah tak ada plastiknya itu. Pas dibuka petinya ada si US. Ditemukan sudah tak sadarkan diri. Di bawa lah ke rumah sakit," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Redhoi, polisi juga masih menggali keterangan skenario pura-pura mati. Hal ini dengan memeriksa keluarga Urip dan istrinya Y.

"Selama ini fakta yang kami sampaikan keterangan dari saksi kita tidak ada menduga tapi dari fakta dan alat bukti. Oleh sebab itu kita tidak bisa bicara banyak," tuturnya.

Dia mengatakan semoga pekan depan sudah ada fakta baru dalam kasus ini. Menurutnya, keterangan baru diperoleh dari sopir ambulans.

"Fakta itu dari si sopir, istri belum ada bisa dimintai keterangan. Termasuk masih didalami soal utang itu," jelasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya