Renggut 9 Nyawa, Ternyata Ini Motif Wowon Cs dalam Kasus Pembunuhan Berantai

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Kriminal - Polda Metro Jaya mengungkap kasus pembunuhan berantai atau serial killer yang menjerat Wowon Cs. Komplotan pelaku berjumlah tiga orang itu melakukan aksi bengisnya karena didasari motif ekonomi.

Keluarga Korban Putus Kepala Kecewa Pelaku Pembunuh Dihukum Ringan

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan Wowon Cs punya dalih bisa membuat kaya kepada para korbannya.

"Motif ekonomi itu dimulai, yang kemudian dengan motif janji supranatural sehingga korban menyerahkan uang ataupun harta lainnya yang kemudian dijanjikan untuk bisa lebih kaya, lebih sukses," kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya, Senin 23 Januari 2023.

Wanita Paruh Baya di Aceh Timur Ditemukan Tewas dengan Luka Sayat di Leher

Trunoyudo menjelaskan, pelaku juga mengiming-imingi para korbannya dengan serangkaian kebohongan penipuan. Dengan cara itu, korban menyerahkan barang ataupun uang kepada pelaku.

Kejar Pembunuh Almarhum Rusli di Paniai, Satgas TNI Rebut Distrik Bibida dari Tangan OPM Papua

Meski demikian, polisi masih menelusuri kasus pembunuhan berantai di Bekasi hingga Cianjur. Polisi juga masih menggali informasi melalui kerabat korban maupun mencari alat bukti untuk membuat peristiwa ini semakin terang. 

"Terkait pembunuhan ini dibutuhkan beberapa keterangan lain karena kan korban sudah meninggal dunia. Tapi mungkin ada kerabat sebagai petunjuk yang nanti dengan alat bukti lain dan paling utama secara scientific nanti bisa dibuktikan," jelas Trunoyudo.

Dia mengatakan, dalam melakukan aksinya, tiga pelaku punya beran berbeda. Selain Wowon, dua pelaku lain adalah Dede Solehuddin, dan Solihin alias Duloh.

Kolase pelaku pembunuhan berantai Duloh (kiri) dan Wowon (kanan).

Photo :
  • Istimewa/Foe Peace Simbolon

Trunoyudo menyebut tersangka Duloh berperan sebagai eksekutor dalam pembunuhan berantai. Peran Duloh lainnya juga paham keuangan korban yang disasar.

Kemudian, Wowon alias Aki punya menarik perhatian korban agar mau menyerahkan harta bendanya. Peran Wowon dengan menebar iming-iming janji ke korban.

"Kemudian Wowon alias Aki ini berperan mengiming-imingi, menjanjikan, dan mencari para korban sehingga mau menyerahkan barangnya," tutur Trunoyudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya