Ditangkap, Polisi Beberkan Motif Penembakan Mantan Anggota DPRD Langkat

Keterangan Pers Penangkapan Pelaku Penembakan Mantan Anggota DPRD Langkat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Kriminal – Aparat kepolisian berhasil mengungkap pelaku penembakan terhadap anggota DPRD Kabupaten Langkat 2014-2019, Paino (47). Lima orang diamankan dalam kasus pembunuhan terhadap politisi Partai Golkar tersebut.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Kelima pelaku itu, adalah LS Ginting alias Tosa (26), warga Bukit Dinding Desa Besilam Bukit Lembasa, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat. D Bangun (38), warga Desa Timbang Jaya, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

Kemudian, P Sembiring (43) warga Desa Gunung Tinggi, Kecamatan Sirapit, Kabupaten Langkat. MH alias Tio (27), warga Kelurahan Perdamaian, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, dan SY alias Tato (27) warga Kelurahan Bingai, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat. 

Meski Diblacklist, Bobby Nasution Tetap Ingin Ambil Formulir Pilgub Sumut dari PDIP

Kapolda Sumatera Utara, Irjen RZ Putra Panca Simanjuntak, mengungkapkan kasus penembakan ini tidak lepas dari motif bisnis kelapa sawit di Kabupaten Langkat. Dalam kasus ini, otak pelaku adalah LS Ginting, yang sama-sama dengan korban sebagai pengusaha sawit.

"Ini berkaitan dengan usaha, Tosa memiliki usaha mengumpulkan sawit," kata Putra dalam jumpa pers di Mako Polda Sumut, Senin 13 Februari 2023.

Gibran soal Bobby Nasution Diblacklist PDIP di Pilkada Sumut: Tenang Aja

Panca menjelaskan, bahwa usaha pelaku terus menurun dan korban yang juga mengumpulkan kelapa sawit semakin berkembang.

"Usaha tersangka semakin hari semakin merosot. Dan korban itu sebagai saingan usahanya," jenderal bintang dua itu.

Dari persoalan inilah, Panca mengungkapkan Tosa merencanakan untuk menghabisi nyawa korban. "Ini direncanakan Tosa dan beberapa orang termasuk eksekutor maupun orang yang membantu," jelasnya.

Kelima tersangka ini, diamankan dari lokasi yang berbeda-beda. Otak pelaku ditangkap di Kawasan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dan eksekutor ditangkap di Kawasan Aceh. Sedangkan 3 lainnya diamankan di kediaman masing-masing. 

Diberitakan sebelumnya, seorang mantan anggota DPRD Langkat, bernama Paino dilaporkan tewas, usai ditembak mati oleh orang tidak dikenal (OTK) di Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu, Kamis malam, 26 Januari 2023, sekitar pukul 23.18 WIB.

Anggota DPRD Langkat periode 2014-2019 itu, tewas tertembak di bagian dada kanannya. Saat kejadian itu, korban sedang mengendarai sepeda motor KLX dan hendak pulang ke rumahnya, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Korban yang merupakan politisi Partai Golkar ini, baru usai duduk bersama teman-temannya disebuah warung. Pukul 23.00 WIB, korban dan kawan-kawannya membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing. 

Di dalam perjalanan korban, ternyata diikuti OTK tersebut menggunakan sepeda motor. Tepat, di lokasi kejadian langsung menembak, sebuah selongsong bersarang di dadanya.

Teman korban memastikan asal suara letusan yang diduga dari senjata tersebut. Begitu tiba di lokasi kejadian, terlihat Paino sudah roboh di tengah jalan.

Korban kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Bidadari, Jalan Lintas Sumatera pada pukul 23.54 WIB. Namun, pihak rumah sakit menyatakan nyawa korban tidak terselamatkan dan meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya