Waspada, Aksi Pencurian Modus Pura-pura Jadi Penumpang di Bandara Soetta

Kasat Reskrim Polres Bandara Soetta Komisaris Polisi Reza Fahlevi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Kriminal – Kawasan Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, sudah tidak aman. Buktinya, ada seorang penumpang pesawat yang barangnya dicuri.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Beruntung polisi bergerak cepat menangkap pelaku. Alhasil, dia tidak lagi bisa melakukan aksinya. Adalah pemuda berusia 24 tahun berinisial SYS pelakunya. Dia ditangkap usai mencuri di area Terminal 3 Keberangkatan Bandara Soetta.

Penangkapan terhadap yang bersangkutan menyusul adanya laporan seorang penumpang yang kehilangan telepon genggamnya di area Terminal 3 Bandara. "Dari laporan tersebut, satuan Reskrim Polres Bandara kemudian melakukan penelusuran dan berhasil menangkap pelaku," ucap Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bandara Soetta, Komisaris Polisi Reza Fahlevi kepada wartawan, Rabu 15 Februari 2023.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Modusnya, pelaku yang belakangan diketahui warga Indramayu ini sengaja datang ke Bandara Soetta dengan berpenampilan layaknya penumpang guna mengelabuhi pantauan pihak keamanan dan pantauan kamera pengintai kamera Closed Circuit Television (CCTV).

Aurel Hermansyah dan Keluarga Terjebak di Bandara Dubai Berjam-jam, Bisa Pulang ke Indonesia?

Dari tangan SYS, polisi menyita kaos, celana panjang, kupluk, Sweater Hoodie warna Hitam, sepasang kaos kaki, sepasang sandal, sebuah wasker, sebuah tas jinjing dan sebuah koper. Akibat perbuatannya, SYS dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun.

"Dalam melaksanakan aksinya, tersangka datang ke Bandara Soekarno Hatta dengan membawa koper dan tas sambil mendorong troli layaknya penumpang lain. Kemudian ketika ada penumpang yang lengah, dia akan melakukan aksinya," ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Kota Bandara Soetta, Komisaris Besar Polisi Roberto Pasaribu mengimbau para pengguna jasa Bandara Soetta lebih berhati-hati lagi dalam menjaga barang bawaan. Dia minta agar sebelum berangkat untuk mengecek kembali barang bawaannya. Dia mengklaim polisi siap melayani semua keluhan dan pengaduan dari masyarakat pengguna jasa bandara.

"Sesuai program Bapak Kapolda Metro Jaya, 'ada polisi' di Bandara Soekarno Hatta, kami dari Polres Bandara akan berusaha menjadikan Bandara Soetta sebagai rumah bersama," ujar Roberto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya