Tersangka Pembunuhan Mantan Anggota DPRD Langkat Ajukan JC ke LPSK

Sulhanda Yahya alias Tato (dua dari kanan) bersama tim kuasa hukumnya.
Sumber :
  • VIVA/BS Putra

VIVA Kriminal – Salah seorang pelaku pembunuhan berencana terhadap mantan anggota DPRD Langkat, Sulhanda Yahya alias Tato mengajukan diri jadi Justice Collaborator (JC). Pengajuan diri tersebut karena pelaku ingin mengungkapkan fakta sebenarnya dalam kasus pembunuhan berencana tersebut.

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Hal itu, disampaikan oleh Kuasa Hukum Tato, Irwansyah Putra Nasution kepada wartawan di Kota Medan, Senin 6 Maret 2023. Ia mengatakan Justice Colllaborator terhadap Tato, sudah diajukan ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Saat ini, masih dalam proses verifikasi di LPSK," tutur pria yang akrab disapa Ibey didampingi Direktur LBH Sinergi Cita Indonesia, Nasrullah Nasution.

Terungkap! Ini Identitas Selebgram Terjerat Kasus Narkoba di Jaksel, Salah Satunya Chandrika Chika

Ibey mengungkapkan dengan mengajukan sebagai Justice Collaborator. Tato ingin membuka tabir sebenarnya, dalam pembunuhan berencana terhadap korban, Paino yang merupakan politisi Partai Golkar itu.

"Kita mengajukan JC, karena tersangka Tato bersedia membuka dan membuat perkara ini menjadi terang benderang," kata Ibey.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Mantan Anggota DPRD Langkat tewas ditembak OTK

Photo :
  • VIVA/BS Putra

Permohonan menjadi JC juga diatur dalam undang-undang No. 31 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas undang-undang No.13 Tahun 2006 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Ibey mengatakan bahwa Tato sudah menceritakan dan mengungkapkan kronologi kejadian pembunuhan rencana tersebut, sesuai dengan fakta dan sebenarnya kepada penyidik, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, yang menangani kasus ini.

"Semuanya sudah disampaikan pada penyidik, terkait keterlibatan dan peran masing-masing tersangka lainnya," kata Ibey.

Atas kasus ini, Tato bersama pelaku lainnya disangkakan melanggar Pasal 338 juncto Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Dengan ancaman seumur hidup atau hukuman mati.

Sebelumnya, Tim gabungan kepolisian berhasil mengungkap pelaku penampakan terhadap anggota DPRD Kabupaten Langkat, Paino (47). Lima orang diamankan dalam kasus pembunuhan terhadap politisi Partai Golkar tersebut.

Kelima pelaku itu, adalah LS Ginting alias Tosa (26) warga Bukit Dinding Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, D Bangun (38) warga Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.

Kemudian, P Sembiring (43) warga Desa Gunung Tinggi Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, MH alias Tio (27) warga Kelurahan Perdamaian Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat dan SY alias Tato (27) warga Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. 

Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Putra Panca Simanjuntak mengungkapkan kasus penembakan ini, tidak lepas dari motif bisnis kelapa sawit di Kabupaten Langkat. Dalam kasus ini, otak pelaku adalah LS Ginting, yang sama-sama dengan korban sebagai pengusaha sawit.

"Ini berkaitan dengan usaha, Tosa memiliki usaha mengumpulkan sawit," kata Putra dalam jumpa pers di Mako Polda Sumut, Senin 13 Februari 2023.

Panca menjelaskan bahwa usaha pelaku terus menurun dan korban yang juga mengumpulkan kelapa sawit semakin berkembang. "Usaha tersangka semakin hari semakin merosot. Dan korban itu sebagai saingan usahanya," jendral bintang dua itu.

Dari persoalan inilah, Panca mengungkapkan Tosa merencanakan untuk menghabisi nyawa korban. "Ini direncanakan Tosa dan beberapa orang termasuk eksekutor maupun orang yang membantu," sebut Panca.

Kelima tersangka ini diamankan dari lokasi yang berbeda-beda. Otak pelaku ditangkap di Kawasan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dan eksekutor ditangkap di Kawasan Aceh, sedangkan tiga lainnya diamankan di kediaman masing-masing. 

Diberitakan sebelumnya, seorang mantan anggota DPRD Langkat, bernama Paino dilaporkan tewas, usai ditembak mati oleh orang tidak dikenal (OTK) di Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu, Kamis malam, 26 Januari 2023, sekitar pukul 23.18 WIB.

Mantan anggota DPRD Langkat periode 2014-2019 itu, tewas tertembak dibagian dada kanannya. Saat kejadian itu, korban sedang mengendarai sepeda motor KLX dan hendak pulang ke rumahnya, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Korban yang merupakan politisi Partai Golkar ini, baru usai duduk bersama teman-temannya disebuah warung. Pukul 23.00 WIB, korban dan kawan-kawannya membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing. 

Di dalam perjalanan korban, ternyata diikuti OTK tersebut menggunakan sepeda motor. Tepat, di lokasi kejadian langsung menembak, sebuah selongsong bersarang di dadanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya