Beraksi Sendirian, Perampok Bank Arta Kedaton Lampung Babak Belur Dihajar Warga

Perampok Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Arta Kedaton Makmur, Lampung, diamankan
Sumber :
  • Fb

VIVA Kriminal – Aksi perampokan terjadi di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Arta Kedaton Makmur, di Jalan Laksamana Malahayati, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung pada, Jumat, 17 Maret 2023. 
 
Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol. Ino Harianto mengatakan aksi perampokan Jumat pagi itu menyebabkan tiga orang mengalami luka tembak. Ketiga korban yakni satu orang satpam dari Bank Mayora, dan satpam serta karyawan Bank Arta Kedaton Makmur.

Wanita Cantik Ini Mengaku Dirampok dan Disekap, Ternyata Iphone dan Perhiasannya Digadaikan

"Korban sekarang sudah dibawa dan dirawat ke rumah sakit," kata Kombes Ino saat meninjau TKP, Jumat. 

Berdasarkan saksi-saksi, Kombes Ino mengatakan bahwa pelaku perampokan baru mengarah ke satu orang yang telah diamankan. "Pelaku kini sudah kami amankan," kata dia.

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Dia mengatakan bahwa pelaku perampokan tersebut dalam melancarkan aksinya membawa dua buah senjata api yakni revolver dan air sofgun.

"Untuk kronologisnya, pelaku turun di depan Bank Mayora, kemudian melihat ada pengawalan dari pihak Bank Mayora ke Bank Arta Kedaton Makmur yang melakukan transaksi keuangan yang dikawal satpam," kata dia.

Melawan Aparat, Perampok Sadis Wisatawan Prancis di Karo Dihadiahi Timas Panas

Aksi perampokan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Arta Kedaton Makmur, Lampung

Photo :
  • Fb

Saat pengawalan transaksi keuangan itu, lanjut Ino, pelaku datang dan melakukan penodongan serta penembakan beberapa kali ke atas kemudian pelaku masuk ke dalam gedung Bank Arta Kedaton Makmur.

"Di dalam pelaku melakukan penembakan terhadap satu karyawan dan security. Kemudian pelaku berusaha mengambil sejumlah uang namun tidak terjadi. Karena dapat dilakukan pengamanan oleh karyawan bank tersebut," ungkapnya

Merebut Tas Berisi Uang

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan pencurian ini berawal saat satpam Bank Arta Kedaton bernama Tito dan seorang teller atas nama Agnes kembali ke bank usai mengambil uang di Bank Mayora. 

Kata Pandra, keduanya datang dengan dikawal oleh seorang satpam Bank Mayora bernama Kismanto. Namun, setibanya di Bank Arta, seorang pelaku datang dan langsung merebut tas yang dipegang satpam Tito.

"Tiba-tiba datang seorang pelaku, dia datang dan merebut tas yang dipegang satpam Tito. Kemudian terjadi tarik menarik antara pelaku dengan satpam Tito dan dibantu satpam Bank Mayora Kismanto," ujar Pandra dalam keterangannya, Jumat, 17 Maret 2023.

Saat itu, pelaku langsung mengeluarkan senjata air softgun dari balik bajunya dan menembakkan ke arah satpam Tito dan satpam Kismanto. Kedua satpam kata Pandra mengalami luka di bagian perut.

"Pelaku menembakkan senjata api ke arah satpam Tito, mengenai perut samping sebelah kiri. Lalu, menembakkan kembali ke satpam Kismanto dan mengenai tangan sebelah kanan dan perut sebelah kanan," tuturnya. 

Kabid Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Polisi Zahwani Pandra Arsyad

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Pelaku yang hendak kabur membawa tas usai menembakkan senjata ke arah dua satpam itu ternyata langsung dihadang oleh seorang pria bernama Rendy. Saat itu, Rendy sempat membekap pelaku dan merebut senjata air softgun. 

Sempat terjadi keributan antara pelaku dengan Rendy, kemudian datang karyawan Bank Arta Kedaton bernama Hance dengan niat membantu. Namun, Hance justru terkena tembakan peluru dari senjata yang dipegang pelaku.

"Hance dengan maksud ingin membantu Rendy, malah tertembak pelaku mengenai dada sebelah kanan. Senjata air softgun yang dipegang pelaku itu berhasil direbut dengan dibantu nasabah, karyawan dan warga sekitar pelaku berhasil diamankan," ungkapnya (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya