Selundupkan 319 Kg Sabu ke Indonesia Lewat Laut, 8 Warga Iran Ditangkap

Barang bukti sabu 319 kg yang diselundupkan warga Iran ke Indonesia.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Kriminal – Sebanyak 8 warga negara asing (WNA) asal Iran dibekuk Badan Narkotika Nasional (BNN) RI buntut menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 319 kilogram. Delapan WN Iran itu masing-masing berinisial ARZ, AWS, AAB, UD, AN, SS, WMP dan WBK. 

Stabilitas Sektor Jasa Keuangan RI Masih Terjaga, OJK Cermati Dampak Konflik Iran-Israel

Sabu ratusan kilogram itu diselundupkan 8 WN Iran melalui kapal yang berlayar di sekitar Samudera Hindia Laut Jawa Selatan.

Deputi Pemberantasan BNN Brigjen Pol I Wayan Sugiri menyatakan, penangkapan terhadap delapan WN Iran ini dilakukan pada Kamis, 23 Februari 2023. Mulanya, petugas BNN dan Bea Cukai patroli gabungan di sekitar Samudera Hindia Laut Jawa Selatan usai mendapatkan informasi adanya narkotika yang masuk ke Indonesia. 

Yordania Izinkan Israel-AS Gunakan Wilayah Udaranya untuk Tangkis Serangan Iran

"Kita mendapatkan informasi akan ada masuk barang (narkotika), kemudian kita siapkan personel dan kerja sama dengan Bea Cukai," kata Sugiri kepada wartawan, Selasa, 28 Maret 2023.

WN Iran yang selundupkan sabu seberat 319 kilogram ke Indonesia.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari
Putin Telepon Presiden Iran Wanti-wanti Dampak Memanasnya Konflik Timur Tengah

Kemudian, tim gabungan menemukan kapal yang dicurigai membawa narkotika jenis sabu. Sugiri menyebutkan, tim sempat berupaya untuk menyetop kapal pembawa sabu yang ditumpangi WN Iran itu hingga akhirnya melepaskan tembakan peringatan.

"Tidak mudah untuk bisa menyetop pelaku yang membawa narkotika itu karena ini sudah jaringan internasional. Kita lakukan pengejaran, mereka lari, tapi kita kejar dan beri tembakan peringatan baru berhenti," ujarnya. 

Sugiri mengatakan, usai kapal berhenti, tim lantas menariknya ke Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten untuk pemeriksaan.

"Dari hasil penggeledahan, tim menemukan sebuah ruangan mencurigakan yaitu di bawah tangki diesel atau solar di sisi kiri kamar mesin. Setelah pembongkaran, ditemukan 309 kantong berisi sabu seberat 319 kilogram," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya