Travel Umrah yang Buat Jemaah Gak Bisa Pulang Indonesia Diduga Libatkan Pihak Maskapai

Tersangka penipuan jemaah umrah
Tersangka penipuan jemaah umrah
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA KriminalTravel umrah yang menipu ratusan jemaah hingga menelantarkannya di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Tanah Air, diduga melibatkan pihak maskapai penerbangan.

Travel umrah PT Naila Syafaah Wisata Mandiri yang bermasalah ini menawarkan kepada jemaah yang tertunda perjalannya mengaktifkan tiket pesawat mereka yang hangus. Diduga praktik ini melibatkan pihak maskapai penerbangan sehingga tiket pesawat jemaah bisa diaktifkan lagi dengan membayar.

Tersangka penipuan jemaah umrah

Tersangka penipuan jemaah umrah

Photo :
  • VIVA / Foe Peace

"Modusnya tiket hangus itu bisa dihidupkan lagi menambah sejumlah uang Rp2,5 juta. Ini yang lagi diselidiki, kok bisa. Maka kami akan panggil pihak maskapai. Sedang kami adakan pemanggilan untuk kami dalami," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Kamis 30 Maret 2023.

Eks Kapolres Metro Jakarta Pusat itu menyebut keterlibatan pihak maskapai ini muncul di tengah penyelidikan kasus. Saat itu, jemaah yang ditelantarkan sempat ditunda keberangkatannya. Mereka lantas harus menginap di hotel kawasan Bandara Soekarno-Hatta sambil menunggu keberangkatan. Sehingga, tiket yang sebelumnya telah disiapkan hangus lantaran sudah lewat jadwal penerbangan. 

"Dijanjikan berangkat 18 September 2022 untuk kembali 26 September 2022. Faktanya tidak diberangkatkan tanggal 18 September 222. Visanya ternyata tidak diurus," ucapnya.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Halaman Selanjutnya
img_title