Pengakuan Guru Musik Pembunuh Mahasiswi Ubaya yang Mayatnya Ditemukan dalam Koper

Petugas mengevakuasi koper berisi mayat perempuan di Pacet, Mojokerto, Jatim.
Sumber :
  • VIVA Jatim/ M Lutfi Hermansya.

Mojokerto – RBA ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan AN (20 tahun), mahasiswi Ubaya Surabaya yang mayatnya ditemukan tersimpan di dalam koper dan dibuang di Jurang Gajah Mungkur kawasan Tabura Raden Soerjo, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. RBA tega membunuh karena sakit hati dan emosi.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

RBA diketahui adalah guru musik AN. Keduanya sudah kenal selama lima tahun. Ada kabar bahwa antara RBA dengan AN terjalin hubungan asmara, namun terantuk perbedaan keyakinan. Namun, ayah korban dan tersangka membantah itu. "[Saya cuma kenal] dekat [dengan korban]," kata tersangka RBA di Markas Polrestabes Surabaya, Jumat, 9 Juni 2023.

Saat kejadian, RBA mengaku emosi karena menerima perkataan yang tidak mengenakkan hati dari bibir korban. "Karena memang itu emosi sesaat, jadi ada kata-kata yang kurang berkenan di hati saya, itu memicu saya untuk punya pikiran khilaf," ujarnya.

Sadis! Agustami Paksa Kekasih Gelapnya Aborsi di Kelapa Gading, Korban Tewas Pendarahan

Ilustrasi/Korban

Photo :
  • 656319
Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas di Tempat Penyimpanan Dupa, Diduga Dibunuh Tantenya

RBA mengakui bahwa mobil Mitsubishi Xpander dan barang berharga milik korban lainnya diambil setelah membunuh korban. Ditanya dipakai apa duit hasil menguasai barang korban, dia menjawab, "Uang yang untuk operasional."

Sebelumnya, Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Pasma Royce menjelaskan, korban pergi dari rumahnya di Sidoarjo pada 3 Mei 2023. Menunggangi Xpander, korban menjemput tersangka RBA di Surabaya lalu ke kampus Ubaya. Setelah itu keduanya sempat makan dan bertemu beberapa orang.

Rupanya, tersangka berhasil membujuk korban untuk menggadakan mobil. Namun, hingga keesokan harinya tak ada orang yang mau mengambil gadai. Keduanya lalu tidur di dalam mobil yang diparkir di sebuah apartemen di Surabaya pada 4 Mei 2023 sekira pukul 12.30 WIB, tersangka dan korban bertengkar di sekitar Kebun Bibit.

Nah, saat cekcok itulah tersangka gelap mata lalu membunuh korban dengan cara dicekik, diikat, dan dibekap. Setelah itu tersangka pergi ke rumah mertuanya dan mengambil koper. Di koper itulah jasad korban dimasukkan. Koper berisi jasad korban lalu dibuang di jurang Gajah Mungkur kawasan Tahura Raden Soerjo, Pacet, Mojokerto.

Polisi, lanjut Pasma, menerima pengaduan kehilangan AN dari pihak keluarga pada 5 Mei 2023. Polisi menindaklanjuti dengan menganalisis CCTV dan meminta keterangan sejumlah saksi. Diketahuilah bahwa korban terakhir bersama RBA. Di tengah-tengah itu, diterima informasi penemuan mayat dalam koper di Jurang Gajah Mungkur, Pacet. 

Setelah diidentifikasi, ternyata benar bahwa mayat tersebut adalah AN, mahasiswi Ubaya yang sejak sebulan lalu dinyatakan hilang. Kini, RBA ditahan di Markas Polrestabes Surabaya. Dia dijerat dengan Pasal 338 dan 340 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya