Maling Ungkap Motor Jenis Ini Mudah Digondol, Kasih Tips Agar Tak Jadi Korban

Ilustrasi pencurian sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA/Abd Aziz

Jakarta – Salah satu pelaku pencurian sepeda motor yang ditangkap Polsek Tambora mengungkap kalau motor jenis Honda Vario, Honda Scoopy dan, Honda Beat paling mudah digondolnya.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

"Kalau motor yang sering dicuri Vario, Scoopy, Beat. Karena motor itu pengamanannya sangat mudah untuk dijebol, mudah untuk diambil," ucap OF salah satu pelaku pelaku curanmor, Kamis, 3 Agustus 2023.

Adapun OF mengaku sudah menjadi pelaku curanmor sejak menginjak usia 17 tahun. Cuma berbekal kunci T, dirinya mengatakan bisa dengan mudah membobol motor jenis tersebut. Motor yang dikunci stangnya kearah kanan menurutnya agak lebih susah dibobol ketimbang yang dikunci ke kiri.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

"Caranya cuma pakai kunci T sama buka tutup itu (kunci)-nya doang, sudah bisa diambil dibandingkan motor yang lain. Kalau kunci setang kiri-kanan itu sama saja sebenarnya. Sama-sama enak cuma agak susah nyangkut sedikit doang kalau setang kanan itu," kata dia.

Pelaku pencurian motor atau curanmor

Photo :
  • Humas Polsek Tambora
Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Lebih lanjut dia memberi tips kepada masyarakat agar roda duanya terhindar dari aksi curanmor. Dia menyarankan motor dipasang kunci ganda. Memarkirkannya pun disarankan jangan asal sembarang tempat. OF mengatakan, jika bebas dari penjara nanti tidak lagi mau jadi pelaku curanmor.

"Pesannya biar aman itu pasang kunci ganda dari dealer itu, sama pasang remot. Himbauan untuk masyarakat, naro motor jangan asal-asal. Kalau bisa diparkir, ditambah kunci ganda biar aman," ujarnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor dengan total hampir seratus motor digondol.

Salah satunya diungkap Polres Metro Jakarta Barat. Ada 37 orang ditangkap karena mencuri puluhan roda dua di kawasan Jakarta Barat. Total ada 46 unit sepeda motor disita polisi dari hasil kejahatan mereka.

Puluhan pelaku ini mencuri selama bulan Juli dari 28 lokasi. Peran mereka beda-beda, ada eksekutor, joki, hingga penadah motor curian. Hal itu diungkap Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Polisi M Syahduddi.

“Ada yang berperan sebagai eksekutor, ada juga yang sebagai penadah, dan ada juga yang ikut membantu dan berperan untuk memalsukan surat-surat,” ucap dia kepada wartawan, Rabu 2 Agustus 2023.

Pihaknya pun menyita barang bukti lain mulai dari kunci letter T yang dipakai membobol motor, Surat Tanda Nomor Kendaraan asli dan STNK palsu, anak kunci motor, dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli. Dari, puluhan motor yang disita, ada 17 korban pencurian yang telah teridentifikasi. Lantas belasan korban itu diizinkan langsung membawa motornya yang sempat dicuri.

Selanjutnya ada Polres Metro Jakarta Utara yang berhasil meringkus tiga orang pencuri motor di wilayah Jakut. Mereka berhasil menggondol 33 unit roda dua. Kapolres Metro Jakut, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan, ketiganya adalah WS (29), MRS (29), dan AW (29).

“Ada 3 orang yang diamankan, WS (29) merupakan kapten sekaligus pemetik sepeda motor yang menjadi targetnya,” kata Gidion.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya