Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta -- TikToker Galih Loss mengaku membuat konten yang berbau penodaan agama untuk mendapatkan endorse. Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

Gampang! Begini Cara Dapat Dana dari Menulis, Saldonya Bisa Capai Jutaan Rupiah

"Saudara GNAP adalah pemilik dan yang menguasai akun TikTok @galihloss3. Tujuan yang bersangkutan membuat seluruh konten video dalam akun tersebut untuk untuk mencari endorse," kata dia, Selasa, 23 April 2024.

Galih Loss diketahui sebagai pemilik akun @galihloss3. Dalam penangkapan itu, polisi menyita beberapa barang bukti. Ada telepon seluler juga akun TikTok yang berisi beberapa konten lainnya.

Polisi Ungkap Bukan Cuma 8 Mobil yang Palsukan Pelat DPR

TikToker Galih Loss dihujat netizen karena aksi prank ke ojol

Photo :
  • Instagram: GalihLoss29

"Barang bukti satu unit handphone merk Vivo warna biru dengan 2 IMEI. Satu unit handphone iPhone XR 64Gb warna merah dengan 2 IMEI. Satu buah akun TikTok dengan username @galihloss3 beserta password yang telah diubah. Satu buah email galihlos2911@gmail.com beserta password yang telah diubah," kata dia.

8 Cara Dapat Uang Gratis dari TikTok, Bisa Langsung Cair!

Sebelumnya diberitakan, TikTokers Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama Islam. Hal itu dibenarkan Kepala Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Ardian Satrio Utamo.

“Betul (sudah ditangkap). Ini akun dia (Galihloss3),” ujar dia, Selasa, 23 April 2023.

Untuk diketahui, video baru Galih Loss yang kontroversial kembali menjadi perbincangan hangat setelah kasus video prank yang menggegerkan. Video yang berasal dari TikTokers dengan nama Galih Loss tersebut diduga melakukan penistaan terhadap agama. Dilansir dari akun Twitter @catatan_ali7, sebuah video yang diunggah oleh Galih Loss di TikTok menjadi perbincangan hangat.

Dalam video tersebut, Galih Loss memulai dengan mengajukan tebak-tebakan mengenai hewan yang mampu mengaji kepada seorang anak. Awalnya, anak tersebut menjawab ikan paus dan kemudian menyebutkan pak ustadz sebagai jawaban.

Namun, Galih Loss tidak puas dengan jawaban tersebut dan meminta anak tersebut mencari jawaban lainnya. Akhirnya, setelah anak tersebut menyerah, Galih Loss menyebut hewan yang dimaksud sambil mengucapkan kalimat ta'awudz yang dimodifikasi.

"Auuuuudzubillahiminasyaitonirojim. Bener ga? Hewan apa itu berarti?" tanya Galih Loss lagi. Bocah tersebut kemudian dengan lantang menjawab bahwa hewan yang dimaksud oleh Galih Loss adala “serigala”. Mirisnya, Galih juga membenarkan jawaban bocah tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya