Anies: Gerhana Bulan Sarana untuk Belajar dan Bersyukur

Ilustrasi Gerhana Bulan Total
Sumber :
  • www.pixabay.com/Free-Photos/9199 images

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengeluarkan seruan tentang penyelenggaraan salat gerhana bulan (khusuf). Seruan dengan nomor surat, nomor 1 tahun 2018 ini ditandatangani langsung oleh Anies Baswedan tertanggal 25 Januari 2018.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Dalam surat ini dijelaskan bahwa berdasarkan hasil hisab falakiyah bahwa akan terjadi gerhana bulan total di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya, yang diperkirakan terjadi pada Rabu, 31 Januari 2018.

Terkait itu, Anies menyampaikan sejumlah hal. Pertama, gerhana bulan total diperkirakan terjadi selama 76 menit dimulai pada pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pukul 20.29 WIB dan akan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Kedua, Anies, meminta kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, ketua umum Majelis Ulama Indonesia dan ketua DMI Provinsi DKI Jakarta, dimohon untuk menyosialisasikan serta menyampaikan imbauan pelaksanaan salat gerhana bulan tersebut kepada lembaga pendidikan, pesantren, dan para pengurus masjid serta musala.

Ketiga, Anies menyerukan kepada pengurus masjid dan musala, disarankan untuk menyampaikan dan mengajak para jemaah untuk menyelenggarakan salat gerhana bulan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Surat seruan gubernur DKI Jakarta ini diposting Anies di akun resmi Istagramnya @aniesbaswedan, hari ini Selasa 30 Januari 2018.

"Update: Buat teman-teman yang bertanya tentang ajakan solat gerhana di posting sebelumnya, jangan khawatir. Sejak minggu lalu kita telah sebarkan edaran gubernur ke masjid-masjid diseluruh Jakarta, berkoordinasi dengan Dewan Masjid Indonesia Provinsi DKI Jakarta, untuk mengajak dan memfasilitasi salat gerhana besok malam. Kabiro Dikmental telah dengan cepat menindaklanjuti memo saya di poin 3 (foto ke-2). Demikian pula Kadisdik dan Kadisparbud. Yuk kita nikmati dan manfaatkan fenomena alam langka besok untuk belajar dan bersyukur," kata Anies di postingan akun istagram @aniesbaswedan, Jakarta, Selasa 30 Januari 2018.

Sementara itu, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) tvOne juga akan menggelar pelaksanaan salat gerhana di Masjid tvOne di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Syekh Ali Jaber akan menjadi penceramah dan imam salat gerhana ini. Rangkaian pelaksanaan salat gerhana akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya