Gerhana Bulan Langka Malam Nanti, Cuaca Jakarta Bakal Hujan?

Persiapan Melihat Gerhana Bulan Total
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Fenomena langka Gerhana Bulan Total diprakirakan akan terjadi Rabu malam, 31 Januari 2018. Gerhana ini langka, sebab terakhir kali terjadi pada 31 Maret 1866, atau 152 tahun lalu. 

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Gerhana Bulan Total akhir Januari ini akan disertai dengan Supermoon dan Blue Moon. Bahkan, gerhana ini disebut sebagai Blood Moon. 

Di Jakarta, ada beberapa lokasi yang disiapkan untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total itu, di antaranya Planetarium Taman Ismail Marzuki, Monumen Nasional, Taman Fatahilah, Taman Impian Jaya Ancol, dan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Durasi total untuk bisa melihat gerhana bulan total di akhir Januari 2018, selama lebih kurang satu jam 16 menit. Secara detail waktunya, pada pukul 18.48 WIB , Anda bisa melihat proses gerhana bulan sebagian. Pada pukul 19.51-21.07 WIB adalah puncak gerhana bulan total.

Lantas, bagaimana kondisi cuaca malam nanti?

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan akan mengguyur wilayah Jakarta pada siang dan malam nanti.

Dikutip dari laman BMKG, Rabu 31 Januari 2018, cuaca di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprakirakan hujan ringan pada siang nanti.

Sementara itu, pada malam nanti, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara, berpotensi terjadi hujan disertai petir. Sedangkan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Begitu juga di Kepulauan Seribu, diprakirakan bakal turun hujan dengan intensitas ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya