Anies Akan Saksikan Gerhana Bulan Total Bersama Warga NU

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akan menyaksikan proses Gerhana Bulan Total, Rabu malam, 31 Januari 2018 bersama warga Nahdlatul Ulama (NU). Anies juga akan melaksanakan salat Gerhana di Masjid Raya K.H. Hasyim Asy'ari, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu malam 31 Januari 2018.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Anies akan melaksanakan salat gerhana bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun Nahdlatul Ulama ke-92 di masjid yang diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut.

"Saya akan hadir di sana dan akan salat gerhana ikut dengan kegiatan itu (hari ulang tahun NU)," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu 31 Januari 2018.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Adapun peringatan Hari Ulang Tahun NU ke-92 akan dimulai pukul 18.00 WIB. Pada pukul tersebut juga berbarengan dengan mulainya prosesi gerhana bulan total yang dapat terlihat dari Jakarta. "Jadi nanti kalau lihat gerhana lihatnya di sana, karena bersamaan," ujarnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Jakarta sudah menyiapkan sejumlah tempat bagi warga untuk menyaksikam fenomena gerhana bulan total. Beberapa lokasi tersebut juga akan dilengkapi dengan teropong.

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Lokasi yang disiapkan, antara lain:

1. Planetarium Taman Ismail Marzuki,
2. Tugu Monumem Nasional
3. Perkampungan Budaya Betawi (Setu Babakan),
4. Taman Fatahillah (Kota Tua),
5. Kepulauan Seribu,
6. Taman Mini Indonesia Indah,
7. Taman Impian Jaya Ancol.

Gerhana Bulan Total atau Supermoon akan berlangsung lebih kurang 1 jam 16 menit. Mulai Pukul 18.48 WIB, masyarakat mulai bisa melihat proses gerhana bulan. Puncak gerhana bulan total akan terjadi sekira pukul 19.51-21.07 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya