5 Februari, Pemotor Langgar Jalur di Thamrin Ditilang

Ilustrasi pengendara motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Polisi wanita atau Polwan akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat setelah sepeda motor bisa melintas lagi di kawasan itu.

Polda Metro: Ada Pidana bagi Motor yang Keluar Jalur Khusus

Para polwan yang disebut tim Cakra Woman Respons itu akan menindak pengendara sepeda motor yang tidak melintas di jalurnya. Tindakan itu diterapkan mulai 5 Februari 2018, sehari setelah sosialisasi aturan tersebut berakhir pada 4 Februari 2018.

"Yang tidak melalui lajur sepeda motor dan tidak ambil lajur motor ditilang, polwan-polwan siaga yang kami bentuk, Cakra Woman Respons," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 1 Februari 2018.

DKI Uji Coba Jalur Khusus Motor di Thamrin Senin 29 Januari

Lajur khusus itu diberlakukan untuk mengatasi kemacetan, serta mengurangi pelanggaran yang akhirnya berujung kecelakaan di jalan. "Tanggal 5 mulai kami tilang, tapi kami masih sosialisasikan lagi seminggu ini. Mudah-mudahan efektif, jadi tanggal 5 Februari kami akan lakukan penindakan hukum," kata Halim.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menyosialisasikan sekaligus uji coba jalur khusus sepeda motor, di Jalan MH Thamrin - Medan Merdeka Barat itu kepada masyarakat, mulai Senin, 29 Januari 2018. 

MA Beberkan Alasan Cabut Pergub Pembatasan Bermotor

Jalur khusus motor itu dibuat menyusul putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat. Selain itu, motor berada di lajur kiri jalan diatur dalam pasal 108 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
 

Larangan Sepeda Motor sempat berlaku di beberapa ruas jalan Kota Jakarta.

Empat Kota Keluarkan Larangan Naik Sepeda Motor, Biang Masalah

Kota mana saja?

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2019