MRT Jakarta Ingin Dibuat Berkelas Dunia

Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA – PT MRT Jakarta menandatangani perjanjian kerja sama dengan Mass Transit Railway (MTR) Academy Hong Kong, terkait pembangunan kapasitas dan pengembangan Sumber Daya Manusia dalam operasi MRT Jakarta melalui Jakarta Transport Academy. Penandatanganan kerja sama ini langsung dilakukan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar dan Presiden MTR Academy Hongkong, Morris Chung.

Ada Proyek MRT Fase 2, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Jalan MH Thamrin

Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Februari 2018. Kerja sama ini merupakan langkah Pemprov DKI Jakarta untuk terus membangun dan memajukan transportasi Ibu Kota menjadi lebih baik.

"Kita ingin bahwa MRT Jakarta nanti memiliki fasilitas infrastruktur yang kelas dunia tapi juga dari SDM-nya juga yang kelas dunia. Oleh karena itu dalam menyiapkan operasional, kesiapan operasi dan kesiapan juga tentang HRD di MRT Jakarta, kita launching pagi ini workshop dan juga kita kukuhkan Jakarta Transport Academy," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 1 Februari 2018.

Pembangunan MRT Timur-Barat Fase Satu dari Tomang hingga Bekasi Dimulai 2024

Sementara itu, Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar menambahkan, tujuan dari kerja sama ini untuk saling bertukar pengalaman dan pikiran. Menurut William, salah satu alasan utama kerja sama dengan MTR Hong Kong karena sudah terbukti berhasil beroperasi selama 40 tahun dan salah satu operator terbaik di dunia. Ia mengatakan bahwa MTR Academy Hong Kong merupakan salah satu yang terbaik didunia.

"Tadi sudah diarahkan oleh Pak Wagub bahwa selain membangun infrastruktur kelas dunia, MRT Jakarta juga harus punya Sumber Daya Manusia kelas dunia yang menyiapkan operasi. Jadi kita bermitra dengan MTR Hong Kong untuk maksud itu. Yang kedua, juga dalam pengelolaan manajemen. Karena MTR Hong Kong ini sangat terkenal dengan konsep rail property approach. Jadi mengombinasikan pendekatan antara pengoperasian kereta api dengan properti. Kita sedang mengembangkan beberapa TOD. Nah MTR Hong Kong ini akan membantu kita dalam membangun konsep dan juga nanti mewujudkannya," ujar William.

Intip Peroses Bongkar Rel Trem Zaman Belanda di Proyek MRT Jakarta, Dikerjakan Hati-hati

Selain itu, Presiden MTR Academy Hong Kong, Morris Chung  merasa senang dengan kerja sama dalam berbagi pengalaman yang telah dilakukan di MTR Hong Kong.

"Secara personal, saya melihat ke depan agar Jakarta bisa terus mengembangkan transportasi. Sebagai akhir, Hong Kong dan Jakarta adalah sister city. Dan banyak hal yang bisa dikolaborasikan, transit transportasi massal termasuk salah satu di antaranya," ujar Morris Chung.

Ilustrasi kereta MRT

Tangerang Bakal Ada MRT, Harga Hunian Sekitar Merangkak Naik

Pengembangan hunian di wilayah Kabupaten Tangerang, terus mengalami peningkatan salah satunya karena akan dibangunnya transportasi umum MRT.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023