Sandiaga Mengaku Sudah Prediksi Kecelakaan Crane Matraman

Crane double track PT KAI ambruk di kawasan Matraman Jakarta, Minggu (4/2/2018)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bahwa dirinya sudah memprediksi kecelakaan kerja berupa robohnya crane dalam proyek Double-Double Track (DDT) di Matraman, Jakarta Timur, Minggu, 4 Februari 2018.

Robohnya Crane Girder di Muara Enim Telan 2 Korban Jiwa

Menurut dia, itu karena proyek tersebut merupakan salah satu pekerjaan infrastruktur yang sedang dikebut pelaksanaannya.

"Kita ingin ada perbaikan secara fundamental, supaya kecelakaan-kecelakaan yang memang sudah saya prediksi dari awal, karena kita buru-buru sekali mengejar pembangunan infrastruktur, janganlah kita laksanakan dengan mengesampingkan masalah keselamatan," ujar Sandi di Jakarta Pusat.

Crane Girder Roboh Hantam KA Babaranjang, Jadwal Kereta Api Terganggu

Menurut Sandi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merasa sangat prihatin, juga berbelasungkawa, atas kejadian yang menewaskan empat orang dan membuat setidaknya lima orang lainnya luka-luka. Pemerintah akan memudahkan pengurusan administrasi para korban sebagai bentuk dukungan.

"Mudah-mudahan keluarganya juga bisa dilindungi oleh asuransi dan menerima kompensasinya," ujarnya berharap.

Insiden Crane Roboh di Depok, Satu Orang Ditetapkan Tersangka

Sandi juga ingin supaya para kontraktor infrastruktur jauh lebih memerhatikan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dalam proyek mereka. Sandi mengusulkan dilakukannya latihan-latihan kondisi gawat darurat proyek yang meningkatkan kewaspadaan semua pihak.

"Kita ingin melibatkan semua pihak, termasuk juga para pengusaha sendiri, untuk menyiapkan latihan keselamatannya," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, sebuah crane di proyek Double-Double Track Jatinegara jatuh dan menewaskan empat orang pekerja pada Minggu pagi sekira pukul 05.00 WIB. Dari pengakuan pekerja, saat kejadian para pekerja yang berjumlah lima orang sedang berusaha menaikkan bantalan rel dengan menggunakan crane. Namun, ketika itu dinaikkan, ternyata terjatuh dan menimpa para pekerja yang ada di bawah. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya