Ketinggian Air di Pintu Manggarai Mencapai 840 Cm

Pintu Air Manggarai Siaga II
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus memantau ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Senin, 5 Februari 2018. Pemantauan dilakukan mengingat debit air di wilayah Depok menjelang sore menyusut drastis.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Hasil monitoring Anies sore tadi, debit air di Depok terjadi penurunan signifikan dari semula siang tadi dilaporkan mencapai 400 Cm saat ini tinggal 280 Cm.

"Kita monitor terus di Manggarai tadi meningkat 780 Cm, saat ini (pukul 19.00 WIB) 840 Cm," kata Anies dalam Breaking News tvOne, Senin malam, 5 Februari 2018.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Menurut Anies, apabila ketinggian air di pintu Manggarai sudah mencapai 850 Cm, maka Pemprov DKI akan menyatakan 'Siaga II Banjir'. Sementara untuk 'Siaga I Banjir' akan ditetapkan apabila ketinggian air di Manggarai mencapai 950 Cm. "Kita akan monitor terus dari waktu ke waktu," ujarnya menambahkan.

Anies memastikan, seluruh jajaran SKPD DKI, berikut pompa air dan Unit Pemadam Kebakaran sudah siaga di titik-titik banjir sejak siang tadi. Petugas sudah siap mengantisipasi apabila ada kenaikan debit air seperti yang diperkirakan selama ini.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Ada 20 pompa di Ciliwung, kalau ada genangan anytime bisa ditarik, seluruh Damkar semua standby mendekati daerah langganan banjir," ujarnya.

Kendati demikian, Anies mengimbau warga tetap tenang namun jangan menganggap remeh setiap potensi banjir yang akan terjadi. "Utamakan keselamatan, jangan ambil risiko." (mus)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024