Begini Kronologi Longsornya Underpass Bandara Soetta

Jalur Kereta Bandara Longsor.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Kepolisian Bandara Soekarno Hatta menyebutkan longsor yang terjadi di underpass jalur Parimeter Selatan, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, disebabkan bangunan dinding underpass yang merupakan proyek dari PT Waskita tak mampu menahan debit air yang terserap oleh tanah.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno Hatta, Kompol Mirza mengatakan, kejadian yang terjadi sekitar pukul 17.49 WIB itu bermula, saat hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak pukul 15.00 WIB.

Kemudian, pada pukul 17.49 WIB, dinding sebelah kiri arah exit (keluar) jalur Parimeter Selatan melalui underpass Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, tiba-tiba saja ambruk.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

"Kurang lebih dinding yang ambruk memiliki panjang sekitar 30 meter dan tinggi sekitar 4 meter," katanya, Senin 5 Februari 2018.

Pada saat ambruknya dinding tersebut, terdapat satu unit mobil yang melintasi jalur tersebut dengan dua penumpang.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

"Ya, pada saat itu kondisi jalan tidak padat dan satu mobil ini melintasi underpass dan tertimpa. Mereka pun diketahui hendak pulang setelah bekerja di kawasan Bandara Soekarno Hatta," ungkap Mirza.

Sampai saat ini, proses evakuasi masih terus berlangsung. Kedua korban diketahui bernama Gianti dan Mutmainah yang mengendarai mobil Honda Brio dengan nomor polisi A 1567 AS. Keduanya masih terjebak di dalam mobil yang terhimpit material longsoran. Keduanya dibantu oksigen guna membuat mereka tetap tersadar.

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024