Atasi Banjir, Anggota DPRD Ungkap Pentingnya Normalisasi

Wakil Ketua DPRD KI Jakarta Mohamad Taufik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra M. Taufik mengatakan, untuk menangani banjir akibat luapan sungai, harus dilakukan normalisasi yang teratur dan berkesinambungan. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Jadi, jangan sepotong-sepotong normalisasinya. Normalisasi seluruh sungai itu yang dialiri air yang kadang kala melimpah, harus dilakukan dengan teratur dan berkesinambungan," katanya di Balai Kota DKI, Rabu 7 Februari 2018.

Normalisasi menjadi penting, karena jika ada genangan, air akan disedot oleh pompa dan dialirkan ke sungai. Jika normalisasi sudah dilakukan secara terus menerus dan aliran sungai telah berjalan baik, air akan mudah mengalir sampai muara dan tak menimbulkan banjir.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Taufik mencontohkan, wilayah tempat tinggalnya di Warakas Jakarta Utara. Saat wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan banjir, Warakas tidak terjadi banjir. Hal itu, karena proses penataan dan normalisasi yang baik. Selain itu, didukung dengan pompa penyedot air. "Saya kira, itu pertama memang pompa menjadi penting untuk selalu ditata ya dirawat sehingga dia hidup terus," ujarnya.

Kawasan tempat tinggalnya, menurut Taufik, sangat bergantung dengan pompa air. "Napasnya dari pompa, kalau pompanya mati pasti banjir. Nah, kemarin bersyukur kami enggak banjir. Nah, saya kira penataan normalisasi kali menjadi penting," ujarnya.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut
Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024