Hadapi Banjir, Sandiaga dan Anies Berbagi Tugas

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno (kanan).
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menginstruksikan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar segera memberikan pelayanan dan bantuan bagi warga DKI yang menjadi korban banjir. Menurut Sandiaga, dalam situasi darurat seperti banjir, warga banyak membutuhkan bantuan dan harus direspons secara cepat oleh pemerintah.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Pertengahan malam di beberapa daerah juga (air) meningkat kembali. Kami sudah perintahkan wilayah dan seluruh kelengkapan SKPD yang terkait untuk gerak cepat melayani warga," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Rabu, 7 Februari 2018

Sandiaga mengatakan, dia membagi tugas dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Jika Anies turun langsung ke lokasi banjir dan menemui warga, Sandiaga yang akan berkoordinasi dengan SKPD yang ada untuk mengambil langkah cepat memberikan pelayanan kepada warga.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Sandiaga telah berkoordinasi dengan beberapa dinas, salah satunya yakni Dinas Sumber Daya Air. Dia mengaku sudah berpesan kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Teguh Hendrawan agar dapat mengantisipasi tingginya volume air yang datang dari Bogor, Jawa Barat.

"Kemarin sampai jam 12 malam sudah terhubung dengan Pak Teguh, kepala Dinas SDA. Kami ingin SDA itu mengantisipasi juga dari kiriman air dari Bogor. Kalau misalnya kami bisa lebih sigap dalam antisipasinya, apa yang dibutuhkan oleh warga sudah bisa terpenuhi," ujarnya.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Sandiaga juga terus memantau korban banjir dan memerintahkan jajarannya untuk mendata apa saja yang dibutuhkan oleh para korban banjir. Hal itu dilakukan agar kebutuhan warga segera terpenuhi.

Dia mengatakan, saat ini masyarakat DKI sedang diuji oleh banjir yang datang lebih cepat. Untuk itu, masyarakat harus bisa saling bahu membahu dalam melewati kondisi seperti ini.

"Kami langsung gerak cepat, tikar dan selimut sudah diantar oleh Tagana, tadi malam sebelum jam 11. Jadi partisipasi daripada masyarakat dan kewaspadaan serta kesigapan kami ini sekarang diuji dengan periodesisasi air yang datang cepat sekali naiknya. Jadi kami harus lebih cepat untuk bergerak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya