Korban Banjir Jakarta Diminta Tidak Mengemis

Banjir Jakarta
Sumber :
  • Anadolu Ajansi/Eko Siswono Toyudho

VIVA – Sejumlah wilayah Jakarta saat ini sedang dilanda banjir. Wilayah yang terdampak paling parah adalah Kampung Melayu.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

Korban bencana banjir akibat luapan sungai Ciliwung  di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, diminta untuk tidak mengemis. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI, Tarmijo Damanik, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI telah bersiaga memfasilitasi para korban serta memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk sementara hingga bencana berakhir.

"Tidak perlu minta-minta di jalanan. Kami juga sudah sediakan tenda-tenda pengungsi atau fasilitas sosial atau fasilitas umum yang sudah ditentukan sebagai hunian sementara," ujar Tarmijo melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA pada Rabu, 7 Februari 2018.

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Tarmijo menyampaikan, tindakan mengemis yang sempat dilakukan oleh sejumlah korban bencana, jelas mengganggu warga yang melintas di kawasan Kampung Melayu. Tarmijo meminta mereka untuk mau bergabung dengan warga yang bertempat tinggal di tenda darurat sementara semua kebutuhannya dipenuhi.

"Kami pantau semalam ada pengungsi terdiri 40 jiwa dengan tidur beralaskan terpal dan tenda milik pribadi. Mereka mengungsi dari semalam dan telah mendapatkan makan malam dari Kelurahan Kampung Melayu," ujar Tarmijo.

Anak Buah Letkol Kunto Suplay Logistik untuk Korban Banjir di Musi Rawas Utara

Lebih lanjut, menurut Tarmijo, Dinas Sosial menyiagakan semua sumber dayanya selama musim banjir yang saat ini berlangsung lagi di Jakarta. Sumber-sumber daya itu antara lain Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kampung Siaga Bencana (KSB) yang berfungsi sebagai pusat distribusi bantuan, hingga dapur-dapur umum di setiap lokasi pengungsian.

"Para korban tidak perlu khawatir. Kita semua siap dan ingin suasana tetap tertib dan kondusif," ujar Tarmijo. (ren)

Presiden Jokowi bertolak ke Jakarta usai mengunjungi banjir Demak

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Jakarta usai meninjau posko pengungsian warga terdampak banjir di Demak, Jawa Tengah

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024