Sodetan Ciliwung Terhambat Lahan, DKI Mau Cepat Selesai

Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung - KBT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait proyek sodetan yang menghubungkan Kali Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin pembangunan sodetan tersebut cepat selesai. "Kami akan support pemerintah pusat 100 persen untuk bisa mengeksekusi dan merealisasikan sodetan Ciliwung tersebut," katanya di Jakarta, Rabu, 7 Februari 2018.

Saat ini, proyek tersebut masih terkendala pada masalah ganti rugi warga yang lahannya dilintasi proyek tersebut. Namun, Sandiaga menginginkan masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cara mediasi.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Progress-nya sampai hari ini, kasus hukumnya masih berlanjut. Kalau kami, sebagai tergugat, ingin ada penyelesaian melalui mediasi. Tentunya karena proses hukum maka akan memakan waktu," ujarnya.

Sandiaga menambahkan, proyek tersebut cukup penting untuk mengendalikan air Sungai Ciliwung yang kerap meluap saat ada banjir kiriman. "Tapi yang sangat urgent itu adalah kebutuhan untuk menghadirkan sodetan tersebut. Nah, ini yang nanti kami harapkan dengan mediasi oleh pemprov, kami bisa wujudkan sodetan ini," ujarnya.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Saat ini, menurut Sandiaga, merupakan momen tepat mengajak warga untuk sama-sama mewujudkan proyek tersebut. "Karena lima tahun sekali kami menemukan tinggi air yang sangat signifikan. Kami ingin juga ini digunakan momentum untuk merealisasikan proyek nasional tersebut," ujarnya.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024