Proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi Terkendala Uang

Ilustrasi Bendungan Katulampa, Bogor.
Sumber :
  • Anadolu Ajansi/Eko Siswono Toyudho

VIVA – Pembangunan dua bendungan di wilayah Provinsi Jawa Barat, yakni di Ciawi dan Sukamahi, belum menunjukkan perkembangan signifikan.

Menteri PUPR: 61 Bendungan Bakal Rampung di Oktober 2024

Sejak awal dicanangkan, kemajuan proyek yang direncanakan untuk mengatasi banjir di Jakarta, terus dikebut demi mengejar target rampung di akhir tahun 2019.

Tapi pengerjaannya terkendala, sebab masih banyak lahan masyarakat yang terdampak proyek ini belum diganti rugi.

Bendungan Sungai Runtuh, Rusia Dilanda Banjir Besar hingga Merugi Rp 3,5 Triliun

"Mudah -mudahan selesai akhir 2019. Dengan catatan pembebasan lahan bisa terbayarkan," kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Jarot Widyoko di kantornya Jalan Inspeksi Saluran Tarum Barat, Jakarta, Jumat 9 Februari 2018.

Menurut Jarot, beberapa bagian pembebasan lahan masih ditanggung kontraktor proyek sebesar Rp230 miliar.

AHY Sebut Jokowi Pemimpin yang Aktif Bukan Hanya di Balik Meja tapi Turun ke Lapangan

Uang yang ditalangi kontraktor, karena Lembaga Manajemen Aset Negara di bawah Kementerian Keuangan belum satu rupiah pun mengeluarkan dana.

Ia menyebut, sejumlah proses administrasi dan verifikasi membuat lamanya kucuran dana diturunkan. "Prosesnya panjang. Jika diberikan, Insya Allah 2019 selesai," kata dia.

BBWSCC memberi keyakinan, uang talangan berikut persoalan pembebasan lahan serta kecepatan pekerjaan fisik dua bangunan Bendungan kering atau dry dam bisa dimulai di Maret 2018.

Sebab bila permasalahan terus berlarut, banjir di Jakarta tidak bisa berkurang. Upaya itu akan berjalan beriringan dengan berlanjutnya normalisasi Sungai Ciliwung dan pembangunan sodetan.

"Sehingga (dua bendungan) nanti akan memperkecil debit yang turun. Dry dam mempunyai kapasitas mengurangi 12 persen yang masuk di Pintu Air Manggarai," kata Kepala Satuan Kerja Bendungan BBWSCC Agus Safari menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya