Sandiaga Akan Berikan Kemudahan Izin bagi Industri Rumahan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno saat ini tengah membahas perizinan untuk usaha kecil dan menengah, atau industri rumahan. Sandiaga ingin dalam proses perizinannya, para pengusaha kecil dan menengah yang memulai usaha dari rumah ini mendapatkan kemudahan.

Spotlight Indonesia 2023, Membuka Panggung untuk UKM Fashion

"Hari ini, minggu ini, kami ada beberapa agenda penting. Salah satunya adalah yang kemarin kami ingin tuntaskan masalah perizinan bagi pengusaha kecil dan menengah, yang selama ini mengalami kesulitan untuk dapatkan perizinan kalau dia adalah home industry," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Senin 12 Februari 2018.

Sandiaga mengatakan, Pemprov DKI harus mampu memberikan kemudahan bagi warga yang mau memulai usahanya, meskipun usaha tersebut berada di dalam rumah atau garasi. Karena dari praktik usaha tersebut, pengusaha bisa berkembang dan membuka lapangan pekerjaan.

Buka Inacraft 2023, Jokowi Sumringah Banyak Anak Muda

"Salah satu pilar daripada Oke Oce adalah garasi inovasi. Di mana kami memberikan kemudahan bagi setiap pengusaha pemula, pengusaha kecil, usaha mikro yang memulai usahanya di rumah sendiri, atau kami lihat sebagai contoh showcase. Sama seperti yang terjadi di Silicon Valley  yang Microsoft, Apple, dimulai di garasi ini, yang kami ingin juga ada kesempatan, khususnya warga Jakarta untuk memulai usahanya di rumah sendiri," ujarnya.

Menurut Sandiaga, terkait metode dalam pemberian izin usaha industri rumahan tersebut, Pemprov DKI nantinya akan menggunakan beberapa acuan. Salah satunya, yaitu terkait ada atau tidaknya gangguan ketika lokasi tersebut dijadikan tempat usaha.

Menarik, hal Ini Digelar untuk Memajukan Para UKM

"Rencananya, hari ini kami akan bahas finalisasinya, mudah-mudahan bisa kami tuntaskan sebagai salah satu terobosan masalah perizinan yang mengacu pada beberapa kaidah. Misalnya, lahan luas usaha dalam rumah, jumlah karyawan, tidak timbulkan limbah, atau gangguan pada tetangganya, juga masalah lalu lintas yang ditimbulkan," ujarnya

Dengan adanya hal tersebut, menurut Sandiaga, Pemprov DKI akan memiliki keleluasaan dalam memberikan izin bagi para pengusaha rumahan. Apabila perizinan sudah menjadi lebih mudah, dia berharap, akan banyak warga DKI yang tertarik memulai menjadi pengusaha.

"Kami harapkan, dari sini akan ada puluhan ribu usaha yang kami berikan izin. Nah, ini yang menjadi terobosan untuk penciptaan lapangan kerja ke depan. Mungkin itu main message utamanya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya