Libur Panjang Imlek, KAI Siapkan Kereta Tambahan

Ilustrasi rangkaian kereta api.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA – PT Kereta Api Indonesia atau KAI mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi pada libur panjang tahun baru Imlek,  pada akhir pekan ini, 16-18 Februari 2018. 

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengemukakan, pihaknya mengoperasikan 53 kereta api reguler, terdiri dari 28 kereta reguler pemberangkatan Stasiun Gambir dan 25 kereta reguler pemberangkatan Stasiun Pasar Senen, serta 8 kereta tambahan yang berangkat dari Stasiun Gambir. 

Kereta api tambahan tersebut terdiri dari 4 kereta Argo Parahyangan tujuan Bandung, kereta Argo Dwipangga fakultatif dan kereta Argo Lawu fakultatif tujuan Solo, kereta Argo Jati tambahan dan kereta Cirebon Ekspres fakultatif tujuan Cirebon.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk sebanyak 30.948 untuk kereta reguler. Jumlah itu dibagi menjadi 18.452 tempat duduk untuk kereta reguler pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan 12.496 tempat duduk dari Stasiun Gambir. "Kami juga menyiapkan tempat duduk untuk kereta tambahan sebanyak 3.440 tempat duduk," kata Edy, Rabu, 14 Februari 2018.

Tingkat keterisian atau okupansi sejumlah kereta telah mencapai 100 persen. Untuk pemberangkatan 11-17 Februari 2018 misalnya, di antaranya kereta Matarmaja tujuan Malang, kereta Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya Gubeng,  kereta Brantas tujuan Blitar, kereta Bengawan. 

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Sementara kereta yang okupansinya belum penuh, di antaranya kereta Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, kereta Kutojaya tujuan Kutoarjo, dan kereta Gumarang tujuan Surabaya Pasar Turi. Masih tersedia sekitar 20 persen untuk pemberangkatan pada  Jumat, 16 Februari 2018. 

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus di OKU Timur Sumsel

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), mengimbau masyarakat meningkatkan disiplin berlalu lintas, menyusul insiden kecelakaan lalu lintas antara KA Rajabasa dengan bus.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024