Dua Tanggul Jebol, 5 Kecamatan di Bekasi Terendam Banjir

Banjir Bekasi.
Sumber :
  • Dani/VIVA.co.id

VIVA – Lima Kecamatan di Kota Bekasi terendam banjir sejak hujan mengguyur Kamis sore, 15 Februari 2018. Hingga malam ini ketinggian air di titik banjir mencapai 50-80 centimeter.

152 Sekolah di Bekasi Terdampak Banjir, Banyak Mebeler Rusak

"Hasil data tim kami di lapangan sampai malam ini air masih menggenang di kawasan permukiman penduduk," kata Wakil Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Karsono, Kamis 15 Februari 2018.

Karsono mengakui, guyuran hujan hingga malam ini juga menyebabkan dua tanggul jebol. Tanggul pertama ada di Perumnas III, Jalan Plores, Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur. Dan tanggul kedua ada di Pondok Sani, Pejuang, Kecamatan Medansatria.

Tumpukan Mobil 'Korban' Banjir di Bekasi Dievakuasi Kendaraan Offroad

"Dua tanggul jebol itu imbas derasnya aliran kali yang ada di dua lokasi. Dan saat ini, untuk sementara warga menambalnya dengan karung pasir," katanya menjelaskan.

Karsono menambahkan, untuk lima titik banjir yang terjadi berada di Aren Jaya, Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur. Lalu banjir di Kecamatan Bekasi Barat berada di Perumahan Jatiluhur, Perumahan Bougenvil, Perumahan Fajar, dan Perumnas I.

Minim Perahu Karet di Lokasi Banjir, Becak Laku Keras di Bekasi

Dan Kecamatan Medan Satria kata Karsono terinci di Perumahan Pondok Sani, Permukiman Harapan Mulya, dan Kawasan Harapan Indah. Selanjutnya, di Kecamatan Rawa Lumbu di antaranya berada di Perumahan Pondok Hijah, Narogong, dan Sepanjang Jaya.

Dan yang terakhir kata Karsono, banjir merendam juga wilayah Kecamatan Bekasi Utara yang ada di Perumahan Pondok Ungu Permai dan kawasan Perwira. "Air rata-rata menggenang 50 sampai 80 centimeter." (mus)

Sungai di Bekasi

Sungai di Bekasi Bakal Dipasang Sirine Peringatan Dini Banjir

Sejauh ini sistem peringatan dini sebatas radio dan WhatsApp.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2020