Ritual Mandi di Tujuh Sumur Keramat Saat Hari Raya Imlek

Tujuh Sumur Kramat di saat Hari Raya Imlek.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Salah satu vihara yang ramai dipadati warga Tionghoa saat perayaan Imlek adalah Vihara Gayatri di Jalan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat. Tempat ini menjadi perhatian karena memiliki tujuh sumur yang dianggap keramat. 

Hal yang Dilarang Saat Imlek Sampai Kaitannya dengan Hujan dan Hoki

Pantauan VIVA, ramainya pengunjung telah terlihat dari depan gerbang utama vihara. Tak jauh dari pintu masuk, terdapat sedikitnya tiga ruang sembahyang, lengkap dengan lilin berukuran jumbo dan hio (dupa).        

Di sebelah ruang peribadatan, terdapat kolam kura-kura. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi favorit pengunjung yang datang. Kemudian, ketika mengarah masuk lebih dalam, pengunjung akan disuguhi dengan dua kolam ikan. Tak jauh dari situ, terdapat tujuh sumur yang dipercaya memiliki berbagai khasiat.        

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Letak ke tujuh sumur ini berada persis di samping kolam pemandian yang juga disakralkan oleh warga Tionghoa. Karena dianggap berbeda lantaran terdapat tujuh sumur keramat, maka jemaat yang datang untuk beribadah di vihara ini pun bukan hanya warga Depok, namun dari sejumlah wilayah lainnya seperti Bogor, Tangerang dan Jakarta.        

"Sudah sering sih ke sini. Di sini beda, ada tujuh sumurnya. Semalam saya juga sudah mandi di sini," kata Asen, warga Tangerang saat ditemui VIVA, Jumat 16 Februari 2018.         

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Asen berharap, dengan ritual yang telah dilakoninya itu bisnisnya berjalan semakin lancar. "Ya mudah-mudahan makin sukses," katanya sambil tersenyum.         

Tak jauh berbeda dengan Asen, Darius yang juga melakukan ritual membasuh muka di tujuh sumur ini berharap, karir dan pendidikannya diberi kelancaran. "Iya saya lagi lanjut sekolah soalnya. Kami tiap tahun pasti ke sini," katanya.        

Sementara itu, Darmawan, pengelola Vihara Gayatri mengatakan, rata-rata mereka yang datang karena ingin mendapatkan keberuntungan di tujuh sumur. "Soalnya ini cuma satu-satunya vihara yang punya tujuh sumur di Depok," katanya.

Pria paruh baya ini mengatakan, jumlah warga Tionghoa yang hadir tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Ya harapan kita sih semoga semua diberi kemudahan dan kita semua sukses."

Konon, ketujuh sumur yang dikeramatkan di tempat ini memiliki khasiatnya masing-masing sesuai dengan nama yang diberikan. Seperti:

1)Sumur Sri Ningsih, dipercaya guna menerangkan lahir batin

2)Sumur Sri Waras, guna sehat dan sentosa.

3)Sumur Sri Lungguh untuk kedudukan dan deraja

4)Sumur Sri Kamaratih Kamadjaya untuk mencari jodoh

5)Sumur Sri Rezeki guna usaha cari rezeki 

6)Sumur Dewi Sri Mulyasari untuk pengobatan

7)Sumur Sri Pontjo Warni untuk segala tolak malapetaka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya