Cara Gubernur Anies agar Tak Banyak Produk Impor di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meneken kesepakatan bersama untuk meningkatkan perdagangan komoditas dan produk unggulan antardaerah. Hal itu dilakukan agar tidak ada lagi komoditas khususnya pangan yang langka di Ibu Kota. 

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Komitmen kerja sama tersebut dituangkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis, 22 Februari 2018. 

“Jadi di kesempatan ini kami mendatangani MoU (Memorandum of Understainding) dengan beberapa provinsi untuk mensuplai kebutuhan di Jakarta dari mulai pertanian hingga ekonomi kreatif,” ujar Anies usai Raker.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama itu adalah menjalankan fungsi pertukaran informasi komoditas dan produk unggulan perdagangan dan peningkatan nilai transaksi perdagangan. Meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri, kehutanan, pertambangan, dan ekonomi kreatif.

Menurut dia, kerja sama ini sangat penting untuk menunjang kehidupan warga di kota megapolitan seperti Jakarta. “Karena banyak kebutuhan yang bisa disuplai dari daerah lain. Sehingga kita tidak perlu mendatangkan produk dari luar,” ujarnya menambahkan.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Karena itu syarat utama yang harus dipenuhi untuk menunjang suplai itu adalah efisiensi. Sebab, tidak murah biaya distribusi ke Jakarta. “Kalau volume perdagangan antardaerah itu meningkat maka penyiapan infrastruktur akan jauh lebih memadai dan efisien.” (mus)

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024