Marak Ondel-ondel Pengamen, Ini Solusi Anies-Sandi

Ondel-ondel
Sumber :
  • Irwandi

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaruh perhatian dengan keberadaan Ondel-ondel yang dijadikan warga untuk mengamen. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan masih menemukan maraknya Ondel-ondel dipakai mengamen di berbagai wilayah Jakarta seperti acara Car Free Day.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Sandi mengaku sedih dengan kondisi seperti ini. Sebab, Ondel-ondel merupakan tradisi budaya Betawi.

"Saya suka sedih kalau lihat Car Free Day, Ondel-ondel jalan-jalan kayak ngamen gitu. Padahal Ondel-ondel Betawi harusnya kita pajang di setiap acara resmi," kata Sandiaga dalam sambutan peresmian Ondel-ondel Kreasi Betawi (OKE OB) di Blok G, Balai Kota, Jakarta, Senin 5 Maret 2018.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Menurut dia, Ondel-ondel Betawi dapat diminati masyarakat tanpa harus mengamen keliling. Ke depannya, Sandiaga berharap Ondel-ondel yang ada di jalan harus diberdayakan dan tak perlu meminta sumbangan.

"Kemarin saya lihat (lari) marathon finis ada Ondel-ondel sebelah kiri enggak perlu ngemis-ngemis, itu sudah jadi bagian daripada prosesi acara dan ada biayanya juga. Malah Ondel-ondel yang di jalan itu bisa kita (Pemprov) karyakan," ujarnya.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Terkait hal ini, ada wacana Ondel-ondel akan disiapkan untuk meramaikan ajang Asian Games 2018. Hal ini menurut Sandiaga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan Ondel-ondel. Rencananya, ke depan Ondel-ondel akan dikreasikan dengan maskot Asian Games 2018.

"Jadi Ondel-ondel bisa dipakai sebagai ornamen daripada Asian Games juga, sebagai ingetin juga bahwa Asian Games di Tanah Betawi," ujarnya. (one)

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menyebut peluangnya di Pilgub Jakarta terbuka asal mendapat dukungan dari masyarakat dan parpol, karena baru menjabat satu periode di Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024