Hore!! Muka Ondel-ondel Sekarang Mirip Raisa dan Brad Pitt

Ondel-Ondel Raksasa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memamerkan budaya Betawi berupa ondel-ondel di Aula Blok G Kompleks Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Sandiaga mengatakan, ondel-ondel tersebut merupakan hasil kreasi gerakan OK OB yang merupakan bagian dari One Kecamatan One Center Enterpreneurship (OK OCE).

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?

"Hari ini kita buka kreasi Betawi. Ondel-ondel kreasi Betawi yang kita gagas waktu festival cempaka putih langsung tereksekusi dalam waktu dua minggu, lahirlah gerakan OK OB. Itu ondel-ondel kreasi Betawi yang merupakan salah satu varian dari OK OCE," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Senin siang.

Bagi yang ingin memesan ondel-ondel dapat langsung datang ke bazar yang diadakan di Aula Gedung Blok G Balai Kota. Bazar ini berlangsung selama empat hari dimulai sejak hari ini.

Raisa Tampil Memesona di Grammy Awards, Cantiknya Gak Ada Obat!

Menurut Sandiaga, ondel-ondel kreasi OK OB ini akan dikemas lebih modern dari ondel-ondel yang telah ada. Bahkan untuk wajah ondel-ondel dapat dipesan sesuai dengan keinginan pembeli.

"Tadi mereka bisa menerima pesan khusus. Kebetulan Bu Wagub maunya pesan khusus. Misalnya mukanya mirip dengan Brad Pitt. Atau mukanya mirip sama yang sekarang Ryan Gosling yang La La Land. Itu kan bisa dipesan. Yang perempuan misalnya bisa seperti Raisa. Mukanya Raisa tapi pakaiannya onde-londel juga bisa," ujarnya

Peduli Kesenian Tradisional, Idris Sandiya Kampanye Kreatif Lewat Ondel-ondel

Namun ketika nanti memesan ondel-ondel menyerupai wajah tokoh publik, ia tidak tahu apakah akan dikenakan royalti atau tidak. "Tapi apakah kita mesti bayar royalti saya juga enggak tahu. Tapi kalau UKM mestinya sih diberi kemudahan," ujarnya.

Sandiaga tidak menyebut secara pasti berapa harga untuk memesan sebuah ondel-ondel. Namun ia mengatakan, untuk pengerjaan waktu, dibutuhkan waktu sekira tiga minggu untuk membuat ondel-ondel.

"(Waktu pengerjaan) Itu mereka bisa melakukannya satu ondel-ondel itu antara dua sampai tiga minggu kalau itu detail bisa sampa dua tiga minggu," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya