Trotoar Sudirman-Thamrin Mau Dipercantik, Begini Bocorannya

Trotoar Rusak di Sudirman
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diperkirakan menggelontorkan anggaran sekitar Rp800 miliar untuk mempercantik trotoar di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pamer Trotoar Baru Cikini, Warganet: Keren Pak Anies! 

Kebutuhan dana tersebut nantinya akan dikeluarkan untuk perbaikan sepanjang jalan tersebut dari Patung Pemuda hingga Benhil sebesar Rp300 miliar dan dari Benhil hingga Monas sebesar Rp500 miliar.

Presiden Direktur PT Arkonin, Achmad Noerzaman, yang menjadi kontraktor proyek tersebut mengatakan, dana pembangunan trotoar nantinya berasal kompensasi pelampauan kelebihan lantai bangunan (KLB) dan bukan dari APBD.

Dishub DKI Bakal Bikin Pergub soal Skuter Listrik

Nantinya, lanjut Achmad, untuk pembangunan trotoar mulai dari Patung Pemuda hingga Bendungan Hilir akan menggunakan batu alam yang didatangkan langsung dari daerah Sukabumi dan Cirebon, Jawa Barat.

Sementara itu, untuk pembangunan trotoar mulai dari Benhil hingga Monumen Nasional (Monas) akan menggunakan batu granit yang didatangkan langsung dari luar negeri.

Polling VIVAnews: Pembaca Setuju Perluasan Trotoar Tak Bikin Macet

Penataan trotoar ini akan memberi ruang untuk ekspresi seni dan budaya. Trotoar ini akan dilengkapi dengan fasilitas seperti panggung mini agar para seniman dapat menampilkan karyanya.

Trotoar ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain seperti toilet hingga penunjuk arah. Proyek penataan trotoar dilakukan sepanjang 6,6 kilometer dengan lebar bervariasi antara delapan hingga 13 meter.

Adapun target penyelesaian penataan adalah sebelum penyelenggaraan Asian Games XVIII di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya