PAN Sumbang Becak Listrik untuk Pemprov DKI

Becak listrik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional, Hanafi Rais, akan menyumbangkan becak listrik untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Prototipe becak listrik ini akan dipamerkan di arena car free day, Minggu, 11 Maret 2018.

Isu Becak Listrik Prabowo (CakPro) Ditarik Kembali adalah HOAX dan Fitnah

"Nanti kami akan kayuh ke Balai Kota, dan Pak Anies (Gubernur DKI Anies Baswedan) akan menyambut kami," ujar Hanafi Rais, dalam keterangan persnya, Rabu, 7 Maret 2018.

Becak listrik yang akan disumbangkannya adalah becak yang telah didesain ramah lingkungan, cocok dengan iklim ibu kota yang harus ramah lingkungan. 

Becak Spesial Siap Tantang Gojek

Anggota Komisi I DPR itu berharap kehadiran kembali becak di ibu kota tidak lagi menjadi polemik, selama tidak mengganggu ketertiban dan bermanfaat bagi konsumen. Yang perlu disiapkan adalah regulasinya yang jelas.

"Teknisinya sudah ada dan kami akan berkoordinasi dengan gubernur DKI Jakarta. Intinya adalah bagaimana membuat ibu kota menjadi nyaman bagi warganya," ujar putra Amien Rais itu.

Anies Tunggu Jawaban DPRD DKI soal Revisi Perda Becak

Menurut Hanafi, becak listrik di ibu kota akan diperuntukkan di wilayah perumahan dan tempat-tempat wisata. Upaya itu tidak akan mengganggu lalu lintas jalan raya, seperti yang ditakutkan banyak pihak.

Selain bisa membantu masyarakat, menurut Hanafi, becak listrik juga akan mempercantik daerah wisata sekaligus mengembalikan mata pencaharian para pengayuh becak yang sudah ada.

Baca juga:

DKI Bakal Setuju Becak Listrik, Segera Dipamerkan

Sandiaga: Ada Kelompok Sengaja Mobilisasi Pengayuh Becak

"Pengoperasiannya seperti di Ancol, TMII, Ragunan atau bahkan daerah Pulau Seribu. Tentunya pengoperasian becak-becak listrik tersebut haruslah dari becak-becak yang sudah ada, bukan menambah becak baru. Agar tidak menambah lagi arus urbanisasi ke ibu kota,” tuturnya.

Dia menegaskan, tidak ada unsur bisnis dalam hal ini. Hanafi hanya ingin mendukung program Gubernur Anies yang akan kembali mengizinkan becak beroperasi di Jakarta.

Pada 2014, Hanafi pernah meluncurkan becak bertenaga listrik yang mampu berjalan 60 kilometer di Yogyakarta. Becak itu adalah hasil kreasi warga Yogyakarta, Winawan alias Wiwin, dengan memodifikasi becak model lama yang masih digenjot.

Saat itu, Hanafi meluncurkan dua purwarupa becak listrik di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta. Pembuatan becak listrik itu menggandeng kelompok kerja Mobil Listrik Jogja (Mobilijo), untuk kemudian ditawarkan kepada pemerintah daerah.

Selain menggunakan tenaga listrik atau baterai, becak listrik juga masih bisa dikayuh dengan tenaga manusia. Becak masih seperti bentuk aslinya. Hanya sedikit modifikasi untuk menempatkan dinamo di bagian bawah jok. 

Winawan adalah lulusan STM Nasional di Yogyakarta. Wiwin akan dihadirkan Hanafi pada Minggu 11 Maret 2018 saat menyerahkan becak listrik ke Gubernur DKI Anies Baswedan. 

"Kami akan diterima oleh Gubernur Anies dan saya akan memberikan bukti riil becak listrik yang bermanfaat untuk warga Jakarta," ujar Hanafi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya