Agar Tak Ditilang, Ketahui Cara Gunakan GPS saat Berkendara

Mengemudi mobil dengan panduan peta gps.
Sumber :
  • REUTERS/Alexandria Sage

VIVA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Halim Pagarra, kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melarang pengendara menggunakan aplikasi petunjuk arah GPS selama tidak mengganggu konsentrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 di Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Kakorlantas: 4 Ribu lebih Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Arus Mudik Lebaran 2024

Namun polisi akan menindak tegas pengendara yang menggunakan ponsel sekali pun alasannya untuk GPS. Menurut Halim, yang menjadi pelanggaran bukan karena GPS, melainkan karena menggunakan ponsel sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Jadi untuk penggunaan GPS itu tidak dilarang, baik digunakan di roda empat atau di roda dua. Yang dilarang itu apabila dia menggunakan handphone dengan menggunakan aplikasi GPS," kata Halim di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 9 Maret 2018.

Polri Sebut 199 Kecelakaan Terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, 41 Orang Meninggal Dunia

Selanjutnya, Halim menjelaskan penggunaan GPS melalui ponsel yang baik dan benar agar terhindar dari kecelakaan. Sebaiknya ponsel tersebut ditempelkan ke dashboard mobil atau ke speedometer bagi pengendara sepeda motor.

"Bisa saja diletakkan di dashboard-nya atau dia kantungi dengan menggunakan suara," kata Halim.

Ganjil Genap di Tol Selama Arus Mudik-Balik Dimulai 5 April, Pelanggar Akan Ditilang Elektronik

Dengan demikian, pengendara bisa sesekali melihat GPS seperti saat mengecek kecepatan laju kendaraan. Oleh karena itu dapat dipastikan pengendara tidak akan ditilang oleh polisi karena tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara. (ase)

Pemudik yang meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol Cikampek Utama

4 Ribu Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2024, Netizen: Panen!

Rribuan pengendara yang kena tilang itu saat ini sudah diketahui alamat rumahnya. Tapi baru sebanyak 1.534 pelanggar yang diketahui alamatnya dan dikirimkan surat tilang.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024