Ganjil Genap Tol, Penumpang Bus Trans Jabodetabek Meningkat

Ganjil Genap Tol Jakarta-Cikampek
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemberlakuan aturan ganjil genap pada hari pertama, mendorong terjadinya peningkatan penumpang bus Trans Jabodetabek, Senin 12 Maret 2018. Saat ini, rata-rata penumpang mencapai 20 orang per sekali jalan.

Menhub Pantau Kesiapan Sistem Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek

"Ada penambahan penumpang yang pergi ke Jakarta. Biasanya hanya 15 orang, sekarang menjadi 20 orang per sekali jalan," kata pengemudi bus Trans Jabodetabek, jurusan Bekasi-Plaza Senayan, Hari Permana, Senin, 12 Maret 2018.

Hari menambahkan, dalam penerapan ganjil genap bus akan mendapat pengawalan oleh petugas hingga titik tujuan. Dia memprediksi, waktu perjalanan memakan waktu 70 menit hingga 90 menit.

Ganjil Genap di Pintu Tol Tak Berlaku Saat Cuti Lebaran

Dalam perlintasan menuju ke Jakarta, kata Hari, titik kemacetan parah ada di simpang Halim. Sebab, di area itu terjadi pertemuan kendaraan dari sejumlah arah. "Biasanya, macet dari Halim sampai kuningan," ujarnya.

Saat ini, ada 23 bus Trans Jabodetabek yang disiapkan. Seluruh angkutan  itu menuju ke Jakarta, tepatnya dengan tujuan Plaza Senayan, Podomoro City, Blok M, Kuningan, dan Thamrin City. 
Sementara itu, 21 bus lain disiapkan di dekat tol Bekasi Timur, melayani arah Grand Paragon, Tebet, Mall Sunter, Kalideres, Tanah Abang, dan Thamrin City.

Ganjil Genap Tol Saat Mudik Lebaran Dihentikan Sementara
Sejumlah pekerja membersihkan papan nama di pintu masuk Gerbang Tol Tambun, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Siap-siap, Ganjil Genap di Gerbang Tol Tambun Berlaku Awal Desember

Akan disediakan alternatif transportasi umum.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2018