Ini Lho Kartun Tempo yang Bikin FPI Tersinggung

Kartun Majalah Tempo.
Sumber :
  • Dokumentasi Tempo

VIVA – Seribuan massa ormas Front Pembela Islam direncanakan akan berunjukrasa di depan Kantor Tempo di Pal Merah, Jakarta Barat. Massa FPI akan bergerak selepas Salat Jumat, 17 Maret 2018.

Daftar Kontroversi Ahok Sejak Jabat Gubernur DKI, dari Kalijodo hingga Surat Al Maidah

Aksi ini digelar FPI, karena merasa tersinggung dengan kemunculan sebuah kartun karya Tempo yang diterbitkan di Majalah Tempo edisi 26 Februari 2018.

"Kami jelas tersinggung, itu menyinggung ulama kami, menyinggung guru kami dan menuntut majalah Tempo untuk minta maaf secara tertulis," kata Panglima FPI Ustad Maman Suryadi.

Jenderal Fachrul Razi Blak-blakan Dipecat sebagai Menag Gara-gara Tolak Pembubaran FPI

Mungkin sebagian besar masyarakat ada yang belum tahu seperti apa sebenarnya kartun karya Tempo, yang menurut Panglima FPI, telah menyinggung imam besar mereka, Habib Rizieq Shihab.

Berdasarkan penelusuran VIVA, kartun itu pernah di unggah Tempo melalui akun Twitter 28 Februari 2018. Pada kartun tertulis bahwa kartun ini hasil karya karyawan Tempo, bernama Yuyun Nurrachman.Poster imbauan demo FPI ke Kantor Tempo.

Eks Jubir FPI Munarman Ucap Ikrar Setia NKRI di Lapas Salemba

Jika dilihat secara seksama, sebenarnya tak ada satu kata pun yang tertulis di kartun menyinggung nama Habib Rizieq dan juga FPI.

Pada kartun hanya terlihat gambar seorang pria berjubah putih sedang berbincang dengan seorang wanita berambut panjang yang memakai baju tanpa lengan.

Digambarkan, keduanya sedang duduk berdua di kursi dengan meja kotak di tengah mereka berdua.

Memang wajah pria di kartun tak terlihat jelas. Sebab digambarkan pria itu duduk dalam posisi membelakangi layar depan kartun. Wajah wanita di kartun juga tidak memiliki kemiripan dengan orang tertentu di FPI.

Kartun itu bergambar seorang pria berjubah putih sedang duduk berdua dengan seorang wanita. Pada kartun itu, pria berjubah itu dituliskan mengucapkan 'Maaf... Saya tidak jadi PULANG'. Dan wanita itu menjawabnya, 'yang kamu lakukan itu JAHAT'.

Baca:Dianggap Hina Habib Rizieq, FPI Bakal Datangi Tempo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya